Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
Upload Website ke Shared Hosting Memakai Perintah SCP

Panduan Upload Website ke Hosting Memakai Perintah SCP

Untuk menunjang kebutuhan user dalam mengembangkan website secara lebih lanjut, Rumahweb Indonesia saat ini merilis produk shared hosting dengan beberapa fitur unggulan, antara lain plugin dan theme premium WordPress, dukungan NodeJS, dukungan Git, serta akses SSH.

Dari beberapa fitur unggulan tersebut, akses SSH merupakan salah satu fitur yang banyak dibutuhkan oleh user untuk beberapa keperluan terkait proses deployment website. Hanya dengan berlangganan minimal paket Shared Hosting Medium, Anda sudah mendapatkan akses SSH untuk membantu mempermudah proses deployment website.

Apabila Anda pengguna sistem operasi MacOS atau Linux, Anda bisa mengupload website yang sudah Anda deploy di localhost ke cPanel shared hosting Rumahweb dengan menggunakan aplikasi Terminal dan perintah SCP.

Dibandingkan upload dengan mempergunakan aplikasi FTP Client seperti FileZilla, upload website memakai SCP lebih ringan dan stabil, sehingga bisa mempercepat proses upload website yang sudah Anda deploy di localhost.

Berikut perintah dasar SCP untuk mengupload website dari localhost ke cPanel shared hosting Rumahweb:

1. Mengupload File Tunggal

Untuk mengupload file tunggal (.zip, .tar.gz, dan lainnya), berikut format perintahnya:

scp -P 2223 namafile user_cPanel@namadomain:/path

2. Mengupload Folder / Direktori

Mengupload folder beserta semua konten di dalamnya, berikut format perintahnya:

scp -P 2223 -r namafolder user_cPanel@namadomain:/path

Contoh Eksekusi

1. Mengupload file website.zip ke public_html hosting dengan nama domain rosyidi.my.id dengan username cPanel alw1604, maka perintahnya menjadi sebagai berikut:

scp -P 2223 website.zip alw1604@rosyidi.my.id:/home/alw1604/public_html

2. Mengupload folder website ke public_html hosting dengan nama domain rosyidi.my.id dengan username cPanel alw1604, maka perintahnya menjadi sebagai berikut:

scp -P 2223 -r website alw1604@rosyidi.my.id:/home/alw1604/public_html

Langkah-Langkah Menjalankan SCP :

1. Buka aplikasi Terminal, lalu pindah ke direktori di mana file atau folder data website yang akan diupload berada, dengan menggunakan perintah cd. Contoh : file atau folder website ada di direktori Desktop, maka perintahnya :

cd Desktop

2. Jalankan perintah SCP sesuai dengan perintah di atas.

3. Untuk pertama kalinya, Anda akan ditanyai konfirmasi terkait autentikasi login ke cPanel Shared Hosting, ketik yes lalu tekan Enter.

4. Masukkan password username cPanel Shared Hosting milik Bapak.

5. Tunggu proses upload selesai.

Demikian panduan upload website ke Hosting memakai perintah SCP. Apabila mengalami kesulitan, silahkan menghubungi tim Technical Support untuk mendapatkan panduan lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar

Alwan Rosyidi

Blog Competition