Rumahweb Journal

Panduan Remote Database MySQL dengan HeidiSQL di Rumahweb

HeidiSQL merupakan aplikasi berbasis Windows untuk remote database MySQL. Fungsinya adalah untuk melihat data, mengubah/mengedit data, membuat tabel, dan mengedit tabel di database tidak perlu login ke phpMyAdmin di cPanel hosting. Untuk mendapatkan aplikasinya, silahkan Anda bisa download melalui url https://www.heidisql.com/download.php

Di artikel sebelumnya, sudah membahas konfigurasi untuk remote database salah satunya dengan menggunakan aplikasi Navicat, Workbench, dan SQLyog. Kali ini kami akan menjelaskan remote database dengan aplikasi HeidiSQL yang merupakan sama-sama aplikasi Client MySQL.

  1. Login ke cPanel hosting.
  2. Cari menu Database lalu pilih Remote MySQL.
image 1 - Panduan Remote Database MySQL dengan HeidiSQL di Rumahweb

3. Kemudian bisa tambahkan IP Public koneksi yang Anda gunakan, bisa cek https://ipsaya.com

image 2 - Panduan Remote Database MySQL dengan HeidiSQL di Rumahweb

4. Selanjutnya, silahkan masukkan IP Address yang tampil pada https://ipsaya.com/ ke kolom Host pada Add Access Host di menu Remote MySQL®, lalu klik Add Host.

image 3 - Panduan Remote Database MySQL dengan HeidiSQL di Rumahweb

5. Setelah Add Host, akan muncul notifikasi IP Statis telah berhasil ditambahkan ke whitelist cPanel.

6. Buka aplikasi HeidiSQL yang sebelumnya sudah terinstall, kemudian klik New.

7. Berikut penjelasan konfigurasi Session Manager yang perlu Anda pahami menggunakan remote database dengan aplikasi HeidiSQL :

  • Network Type : MySQL (TCP/IP)
  • Library : libmariadb.dll
  • Hostname/IP : isikan nama domain atau IP hosting lokasi server database
  • Username : username database
  • Password : password username database 
  • Port : port default 3306

8. Setelah semuanya diisi, lanjut klik tombol Open dan jika muncul popup konfigurasi klik tombol Yes untuk melanjutkan.

9. Selamat, Anda telah berhasil konfigurasi remote database menggunakan aplikasi HeidiSQL di layanan hosting Rumahweb Indonesia.

Catatan :

Fitur remote database tersedia untuk paket Medium dan Large di layanan Shared Hosting. Sedangkan untuk layanan Cloud hosting, semua paket telah support remote database.

Sebelum Anda melakukan remote database, silahkan request whitelist IP terlebih dahulu ke email teknis[at]rumahweb.com, dengan menyertakan nama domain beserta IP public koneksi yang digunakan. Apabila IP public Anda dinamis, Anda bisa melakukan registrasi Dynamic IP address yang panduannya bisa dilihat pada : Registrasi DDNS

Demikian panduan tentang setting remote database MySQL dengan HeidiSQL di hosting Rumahweb. Jika Anda mengalami kendala atau kesulitan, silahkan hubungi bagian teknis kami melalui email ke teknis[at]rumahweb.com.

Tinggalkan Komentar

Jan Laen Player

Semangat kerja, kadang lupa tidur.