Panduan Instalasi Limbo Portal

Bagi anda yang tertarik untuk membuat portal, ada salah satu aplikasi web portal yang mungkin anda ingin mencoba. Limbo Portal dapat di download di http://www.limboportal.com/.

Setelah anda selesai mendownload ikuti langkah instalasinya berikut ini:

  1. Login ke account Cpanel anda. Setelah itu buka File Manager melalui menu File Manager.
  2. Setelah itu akan ditampilkan susunan direktori dari home direktori account anda. Anda harus menginstallnya di dalam direktori public_html. Klik pada icon direktori public_html.
  3. Di dalam direktori pubic_html buatlah direktori baru dengan nama limbo. Caranya dengan klik pada “Create New Folder”. Isikan nama limbo dan klik “Create”.
  4. Kemudian silakan masuk ke diretori limbo, klik pada icon direktori limbo.
  5. Setelah itu anda bisa melakukan upload file instalasi limbo yang sudah anda download (keterangan di awal panduan ini). Caranya klik menu “Upload file(s)”.
  6. Kemudian klik “Browse” dan pilih file limbo yang sudah anda download. Kemudian klik tombol “Upload”.
  7. Setelah proses upload selesai maka akan ada pesan sebagai berikut:
  8. File instalasi limbo harus di-dekompres terlebih dulu sebelum dapat digunakan. Caranya klik pada nama file instalasi limbo.
  9. Kemudian pada menu sebelah kanan pilih “Extract File Contents”.
  10. Proses decompress akan membuka window baru, apabila telah selesai silakan tutup window tersebut.
  11. Refresh tampilan susunan direktori limbo dengan melakukan klik pada nama direktori limbo.
  12. Susunan direktori terbaru setelah proses decompress adalah seperti pada gambar.

Langkah-langkah selanjutnya adalah menjalankan instalasi limbo melalui web browser anda. Silakan buka web anda dengan ditambahkan /limbo/install/ pada URLnya, misalnya http://dwisp.rumahweb.net alamat URLnya, jadi untuk menjalankan instalasinya gunakan URL http://dwisp.rumahweb.net/limbo/install. Apabila web instalasi limbo sudah bisa dibuka, maka akan ditampilkan seperti berikut:

Kemudian ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Klik pada link “Click here to continue …”. Kemudian akan ditampilkan halaman seperti pada gambar:
  2. Ternyata menghasilkan beberapa error atau kesalahan. Anda harus membenahi secara manual. Kesalahan tersebut disebabkan karena beberapa direktori di limbo tidak dapat diakses. Anda harus merubah mode aksesnya (baca: http://www.rumahweb.com/journal/tentang-chmod-bagian-1.htm dan http://www.rumahweb.com/journal/tentang-chmod-bagian-2.htm).
  3. Sebelum anda merubah mode akses, silakan catat dulu nama-nama direktorinya di halaman yang menampilkan pesan error tersebut. Kemudian kembali ke File Manager di Cpanel anda.
  4. Yang akan anda lakukan adalah merubah mode akses untuk direktori limbo di public_html (public_html/limbo) menjadi mode 777. Masuk ke direktori public_html.
  5. Kemudian klik nama direktori limbo.
  6. Setelah itu di bagian sebelah kanan, silakan pilih “Change Permissions”
  7. Pastikan mode aksesnya adalah 777, yaitu semua checkbox ditandai. Setelah itu klik tombol “Change”
  8. Kemudian ubah mode akses untuk direktori admin/components. Caranya masuk ke direktori limbo, kemudian masuk ke direktori admin. Klik nama direktori components dan ubah mode aksesnya menjadi 777, sama seperti langkah sebelumnya
  9. Ubah mode akses untuk direktori-direktori lain yang namanya telah anda catat sebelumnya.
  10. Setelah semua direktori yang tidak bisa diakses dirubah mode aksesnya, segera refresh halaman instalasi limbo yang menampilkan pesan error. Apabila langkah-langkah merubah mode akses sudah benar, maka akan menampilkan halaman seperti pada gambar:Tekan tombol “Click here to continue …”
  11. Kemudian anda diminta mengisi data-data, yaitu:
    • Alamat URL website anda
    • Path (direktori) absolute instalasi limbo
    • Judul website
    • Nama admin
    • Username admin
    • Password admin
    • Email admin
    • Setelah selesai pengisian data, klik pada “Click here to continue …”
  12. Di halaman proses instalasi limbo selanjutnya, anda diminta mengisikan informasi database yang akan digunakan. Anda harus membuatnya terlebih dulu. Caranya adalah anda kembali ke halaman depan (home) Cpanel anda. Kemudian pilih menu “MySQL Database”
  13. Pada “Current Databases” isikan nama database baru anda
  14. Pada “Current Users” isikan nama user yang akan mengakses database baru anda
  15. Pada “Add Users To Your Databases”, pilih user dan database yang baru saja anda buat, kemudian beri tanda pada checkbox “All”, dan klik tombol “Add User To Database”
  16. Kembali ke halaman instalasi limbo, masukan informasi database yang baru saja anda buat berurutan dari nama database, username, dan password. Untuk hostname dan prefix gunakan isian default saja (tidak perlu diubah)
  17. Setelah langkah-langkah diatas selesai anda kerjakan, maka halaman instalasi limbo akan menampilkan konfigurasi akhir
  18. Anda dapat mengakses halaman Admin dengan klik pada “Admin” atau membuka halaman web portal baru anda pada “FrontPage”. Kurang lebih tampilannya sebagai berikut:

Halaman Admin

Halaman Depan Web Portal

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *