Menghapus Semua Record di Table Database melalui PhpMyAdmin

Perintah truncate digunakan untuk menghapus / mengosongkan semua record yang ada di dalam tabel database MySQL. Perintah ini umumnya digunakan untuk menghapus record dalam jumlah yang sangat banyak sehingga kurang efektif jika harus menghapus record satu persatu. Sebagai contoh apabila di dalam website kita menyediakan kolom komentar dan tidak diproteksi dengan antispam seperti captha, maka besar kemungknan tabel komentar akan terisi banyak record spam dalam jumlah ribuan. Untuk menghapus seluruh record spam secara cepat, kita bisa menggunakan perintah truncate.

Berikut ini langkah langkah-langkah mengosongkan semua record yang ada di dalam tabel database melalui phpmyadmin:

1. Login ke cPanel akun anda dan masuk ke menu phpmyadmin

2. Pilih/klik pada nama database yang akan dikosongkan record tabelnya

3. Centang tabel yang akan dikosongkan isinya. Dan kemudian pada opsi with selected, pilihlah Empty. Disarankan untuk berhati-hati pada step ini, jangan sampai memilih opsi drop karena opsi drop akan menghapus seluruh record beserta tabelnya. Pastikan memilih opsi “Empty”.

2_select_empty

4. Setelah itu akan muncul kotak dialog untuk konfirmasi apakah benar ingin truncate ‘tabel’, pilih Yes jika sudah yakin akan mengosongkan isi tabel yang dimaksud. Sebagai contoh dibawah ini merupakan kotak dialog untuk konfirmasi truncate tabel wpdx_comments.

3_truncate

Sampai di step ini setelah klik yes maka semua record yang ada di dalam tabel database tersebut akan terhapus dan tabel akan kembali kosong.

Be Sociable, Share!