Menghapus Link Malware Pada Post Artikel WordPress Melalui phpMyAdmin

Pengelolaan web yang kurang tepat (seperti menggunakan WordPress, plugin, dan theme versi lama yang tidak terupdate, serta menggunakan plugin atau theme dari sumber yang tidak resmi/script nulled) dapat menyebabkan website rentan terkena hack atau tersusupi malware.

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tips-tips mengamankan website. Namun apabila website sudah terlanjur tersusupi malware, maka perlu dilakukan pengecekan disisi script website dan database. Untuk pengecekan di sisi script, perlu diperiksa secara lengkap file-file WordPress, plugin dan theme yang digunakan.

Sedangkan di sisi database, perlu diperiksa apakah terdapat table-table di database yang di susupi malware. Artikel kali ini akan membahas bagaimana menghapus link malware yang terdapat pada tiap artikel di WordPress. Artikel di WordPress tersimpan di database pada table wp_posts. Untuk memeriksa tabel tersebut, pertama kita perlu login ke database, agar lebih mudahnya dapat melalui menu phpMyAdmin.

Berikut ini contoh malware link:

Jika artikel sudah sangat banyak dibuat dan link malware menyusup pada semua post artikel, maka akan memakan waktu jika harus menghapus manual satu persatu. Cara yang lebih efektif adalah dengan menghapus menggunakan query SQL. Agar lebih aman, disarankan untuk backup dahulu database seperti panduan di link berikut ini.

Setelah di backup, dapat dilanjutkan dengan eksekusi penghapusan malware. Dari phpmyadmin, masuk ke table wp_post kemudian klik menu SQL. Masukkan perintah berikut (sesuaikan script malware yang ada di dalam tanda petik, sesuai dengan script malware yang masuk di database Anda):

Apabila berhasil, maka akan menampilkan pesan success.

Demikian panduan menghapus link malware pada post artikel WordPress secara singkat, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar