Mengenal Administrator WordPress

Setelah kami posting panduan mengenai install wordpress melalui Softaculous, kali ini kami akan membahas mengenai jantung dari wordpress, yaitu administrator wordpress. Backend wordpress bisa diakses dengan url namadomain.com/wp-admin, hal ini tergantung di mana Anda menginstall wordpress. Tampilan wp-admin secara umum terlihat seperti gambar berikut:

Dari gambar diatas bisa digolongkan terdapat 2bagian utama, yaitu menu tab : Dashboard, Posts, Media, Links, Pages, Comments, Appareances, Plugins, Users, Tools, Settings. Pada dashboard ketika anda login wp-admin akan terlihat penjelasan umum kondisi dari blog anda. Menginformasikan jumlah Posting, pages, komentar, kategori dan tag.  Dibawahnya ada daftar komentar terbaru dan juga incoming link. Disebelah kanan dari kolom penjelasan umum, ada kolom untuk menulis post baru

Mari kita bahas lebih jauh menu tab yang ada di wp-admin:

Posts adalah menu untuk menulis post baru. Fasilitas dan fungsi yang ada di menu ini akan kita bahas lebih lanjut di artikel tersendiri. Hal ini karena blog adalah umumnya berisi artikel yang akan di create melalui menu ini.

Media adalah menu yang digunakan untuk melakukan pengaturan konten multimedia yang ada dalam wordpress. Seperti file video, gambar atau suara yang sudah diunggah sebelumnya.

Links merupakan menu untuk pengaturan link. Diantaranya untuk pengaturan kategorisasi link.

Pages, fungsinya hampir sama dengan Posts. Namun menu ini digunakan untuk melakukan penulisan page. Secara garis besar, posting adalah artikel yang tersusun dan terstruktur juga terurut. Berbeda dengan posting, page berdiri sendiri sebagai halaman blog dan terpisah dengan posting. Pada website portal, post bisa diibaratkan sebagai berita selalu update, sedangkan page merupakan halaman web lainnya yang berdiri sendiri.

Comments merupakan menu untuk pengaturan komentar. Seperti meng-approve, men-delete komentar spam, dan lain sebagainya.

Appareances  adalah menu untuk mengedit tampilan blog anda. Di dalamnya berisi daftar screenshot theme yang ada di blog anda. Menambahkan widget di sidebar ataupun mengedit file-file theme anda secara langsung.

Plugins merupakan fasilitas tambahan di luar service wordpress yang berfungsi untuk memperkaya dan melengkapi blog anda. Url resmi plugins wordpress bisa anda lihat di sini.

Users berisi daftar user yang bergabung di blog anda. Ada beberapa tingkat user yang disediakan wordpress secara default, yaitu Administrator, Editor, Author, Contributors, Subcriber.

Tools merupakan menu untuk melakukan ekspor atau impor konten dari dan ke sistem wordpress.

Settings terdapat beberapa konfigurasi dari blog anda seperti, konfigurasi tanggal dan waktu, permalink url, lokasi upload file (media library), rss dan sebagainya. Beberapa plugin juga menggunakan submenu di bawah menu Setting untuk meletakkan shortcut konfigurasinya. Untuk menu ini kita juga akan bahas di artikel tersendiri karena banyak konfigurasi yang berhubungan dengan SEO.

Manage Menu berisi fungsi-fungsi untuk mengedit konten dari blog anda. Mengedit posting, page, link, category, tags, media library dan juga import/export dari dan ke wordpress.

Semoga panduan diatas bisa sedikit membantu anda yang baru mengenal wordpress.

Be Sociable, Share!