Mengatasi Internal Server Error 500 Pada CMS WordPress

Apabila Anda memiliki website yang dibuat memakai CMS WordPress, terkadang, tanpa sebab yang jelas, website secara tiba-tiba tidak bisa tampil dengan informasi Internal Server Error 500. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya?

Berikut beberapa langkah yang bisa dicoba untuk mengatasi kendala internal server error 500 pada website berbasis WordPress:

1. Cek log error dan cari tahu penyebab errornya.

Sistem cPanel akan menampilkan penyebab internal server error pada sebuah file log error. Log tersebut bisa dilihat dari cPanel, melalui File Manager, pada direktori public_html, pada file error_log klik kanan lalu view.

Dari contoh error_log di atas, bisa didapatkan informasi bahwa plugin contact-fotm-7 mengalami error. Informasi error_log yang tampil mungkin berbeda-beda, bisa jadi error terjadi pada plugin jetpack, elementor dan lain-lain. Bisa juga error terjadi pada theme WordPress yang dipakai.

Apabila sudah diketahui penyebab errornya adalah plugin atau theme, bisa  dilakukan upgrade atau upload ulang secara manual plugin / theme yang error menggunakan file installer yang baru. Panduannya bisa Anda ikuti DI SINI.

2. Melakukan Upgrade WordPress Secara Manual

Selain plugin dan theme, penyebab error bisa juga disebabkan karena filesystem WordPress itu sendiri yang mengalami error. Apabila dari error_log didapatkan informasi bahwa terjadi error pada komponen seperti wp-includes dan wp-admin, Anda bisa melakukan upgrade WordPress secara manual dari cPanel. Panduannya bisa dilihat pada halaman DI SINI.

3. Disable Plugin

Apabila pada error_log tidak menampilkan informasi error sama sekali, kemungkinan yang terjadi kenapa website Anda mengalami internal server error adalah karena terlalu berat. Anda bisa mencoba mendisable atau menonaktifkan beberapa plugin yang tidak dibutuhkan secara manual dari cPanel. Panduannya bisa dilihat pada halaman DI SINI.

Kalau semua cara di atas sudah ditempuh tetapi website berbasis WordPress Anda masih menampilkan internal server error 500, silahkan hubungi tim technical support kami untuk dibantu dilakukan pengecekan secara lebih lanjut.

Be Sociable, Share!