Mengatasi Error 404 Pada WordPress Setelah Upload ke Hosting

WordPress saat ini menjadi CMS paling populer dan paling banyak dipergunakan oleh developer web di seluruh dunia. Kemudahan instalasi dan maintenance, serta banyaknya pilihan tema dan plugins, membuat CMS ini sangat diminati. Berdasarkan database w3tech, per Mei 2019 market share WordPress menduduki posisi puncak dengan prosentase 60,7 %, jauh melampaui CMS-CMS yang lain.

Ada beberapa cara untuk mendesain website memakai WordPress. Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah dengan menginstal WordPress di localhost, kemudian diupload ke hosting apabila proses desain sudah selesai. Cara ini sangat bermanfaat apabila Anda memiliki koneksi internet yang terbatas karena menghemat bandwith.

Namun cara tersebut tidak sepenuhnya tanpa error. Salah satu error yang sering dijumpai setelah proses upload WordPress dari localhost ke hosting adalah error 404. Halaman dan artikel yang sebelumnya sudah bekerja di localhost, ketika Anda upload ke hosting tidak bisa diakses dan hanya menampilkan tampilan 404 not found.

Error tersebut disebabkan karena belum ada file .htaccess untuk fungsi redirect permalink WordPress. Berikut langkah-langkah untuk mengatasi error 404 setelah upload WordPress ke hosting :

  1. Login ke File Manager cPanel, kemudian buat file baru dengan mengklik tombol File di pojok kiri atas.

2. Namakan filenya dengan nama .htaccess (ada tanda titik di depan).

3. Setelah file .htaccess berhasil dibuat, klik kanan lalu Edit.

4. Masukkan parameter sebagai berikut :

5. Klik Save Changes, kemudian coba akses kembali halaman dan artikel WordPress milik Anda.

Demikian langkah-langkah untuk mengatasi Error 404 pada WordPress setelah upload ke hosting. Apabila mengalami kendala silahkan mengubungi tim Technical Support Rumahweb untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar