Rumahweb Journal
banner - Mengatasi ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR Pada Website

Mengatasi ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR Pada Website

Apakah saat ini website Anda mengalami error ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan menjelaskan tentang penyebab hingga solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi error SSL protocol tersebut. Simak informasi berikut ini.

Seperti halnya mesin motor atau mobil yang terkadang mogok ketika akan dinyalakan, sebuah website juga terkadang mengalami error dan gagal diakses. Ada banyak skenario kenapa sebuah website mengalami gagal akses. Secara umum, kegagalan akses website disebabkan oleh tiga sebab: 1. Kendala di sisi domain; 2. Kendala di sisi server dan 3. Kendala di sisi skrip website.

Masing-masing kendala yang terjadi pada website akan menampilkan gejala atau pesan error yang berbeda-beda. Salah satu pesan error pada website yang saat ini mungkin akan Anda temui adalah ERR_ESL_PROTOCOL_ERROR.

Pesan error tersebut muncul disebabkan karena web browser mendeteksi adanya kendala dengan protokol SSL pada alamat domain yang akan diakses. Pada artikel journal kali ini, kami ingin membahas topik tentang Mengatasi ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR pada website.

Apa Itu SSL?

Secure Socket Layer atau disingkat SSL adalah sebuah protokol yang bertugas melakukan enkripsi data pada sebuah website sehingga lalu lintas data menjadi lebih aman. Dengan adanya SSL, transaksi data di dalam sebuah website akan dienkripsi sehingga tidak mudah untuk dihack oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab.

Kehadiran SSL sangat penting terutama untuk website-website yang berfungsi sebagai media untuk mengirimkan data-data pribadi yang sangat penting, seperti transaksi keuangan, credentials dan lain-lainnya.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Selain itu, saat ini SSL sudah menjadi protokol keamanan standar yang seharusnya ada dalam setiap website. Sebuah website yang terinstal sebuah sertifikat SSL aktif di dalamnya, akan memiliki rating pencarian yang lebih baik pada mesin pencari, ketimbang website yang tidak memiliki sertifikat SSL.

Referensi lebih lanjut seputar SSL, bisa Anda baca di artikel berikut.

Apa Itu ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR?

Kemunculan pesan ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR ketika mengakses alamat domain menandakan web browser mengalami kendala dalam melakukan koneksi menggunakan protokol SSL. Kendala tersebut bisa disebabkan karena beberapa hal, antara lain sebagai berikut:

1. Sertifikat SSL Sudah Expired

Koneksi secure hanya bisa dilakukan apabila di dalam server website terinstal sebuah sertifikat SSL yang aktif. Apabila sertifikat SSL yang terinstal di server sudah expired, hal itu bisa menyebabkan gagal akses dengan pesan ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR. Sertifikat SSL yang sudah expired adalah penyebab utama yang paling mungkin terjadi terkait pesan error tersebut.

2. Pengaturan Tanggal Yang Tidak Valid

Meskipun jarang terjadi, pengaturan tanggal yang tidak valid pada sistem operasi yang berjalan juga bisa menyebabkan munculnya pesan ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR pada website.

3. Sistem Yang Tidak Update

Penggunaan sistem operasi atau aplikasi web browser versi lama juga bisa menyebabkan gagal akses dengan pesan ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR. Sertifikat SSL dari Let’s Encrypt diketahui tidak lagi kompatibel dengan sistem operasi atau web browser versi lama.

4. Filter Dari Program Antimalware

Aplikasi anti malware yang terinstal di komputer memiliki beberapa filter keamanan tertentu, yang bisa memblokir akses ke alamat website yang dianggap kurang aman. Apabila alamat website yang akan diakses masuk filter keamanan dari aplikasi anti malware, bisa memunculkan pesan ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR.

contoh error ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR

Cara Mengatasi Kendala ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR

Setelah mengetahui beberapa kemungkinan penyebab munculnya pesan ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pesan error tersebut:

1. Pastikan Sertifikat SSL Aktif Terinstal di Server

Penyebab utama munculnya pesan ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR disebabkan karena sertifikat SSL yang terinstal di server sudah expired. Apabila Anda menggunakan sertifikat SSL gratis dari Let’s Encrypt, pastikan server atau hosting yang Anda miliki tidak penuh.

Hosting yang penuh akan menyebabkan proses auto renewal Let’s Encrypt SSL mengalami kegagalan, yang pada akhirnya akan membuat website Anda gagal akses dengan pesan error tersebut.

Apabila Anda menggunakan sertifikat SSL berbayar, pastikan sertifikat SSL-nya masih aktif. Apabila sertifikat SSL-nya sudah expired, maka Anda harus melakukan renewal masa aktif sertifikat SSL-nya kemudian melakukan instalasi ulang SSL menggunakan sertifikat yang sudah diperbarui.

2. Aktifkan Semua Opsi SSL

Apabila sudah terinstal SSL yang aktif di server dan masih muncul pesan ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR di browser, Anda bisa mencoba mengaktifkan semua opsi SSL di pengaturan Google Chrome.

Untuk mengaktifkan opsi tersebut, Anda bisa masuk ke pengaturan Google Chrome, kemudian klik menu Settings –> Security –> Manage certificates –> Advanced. Centang semua opsi yang ada, kemudian klik tombol OK.

mengaktifkan ssl

3. Menyesuaikan Tanggal dan Waktu di Windows

Meskipun jarang terjadi, terkadang tanggal dan waktu yang ada di Windows tidak update dengan baik. Hal tersebut bisa terjadi apabila baterai CMOS di dalam laptop atau komputer sudah mati, sehingga Windows tidak bisa menyimpan tanggal dan waktu dengan baik.

Untuk mengatur tanggal dan waktu di Windows, Anda bisa masuk ke menu Setting di Windows –> Date & Time –> Sync Now. Apabila Windows Anda gagal melakukan sinkronisasi tanggal dan waktu secara online, Anda bisa atur secara manual dengan masuk ke menu Settings -> Data & Time –> Change. Selanjutnya, Anda bisa atur tanggal dan waktu secara manual kemudian sesuaikan dengan tanggal dan waktu yang valid.

setting time & language

4. Melakukan Clear Cache Browser

Pesan ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR bisa saja terjadi karena browser masih menyimpan cache yang menampilkan data yang belum update dari website. Apabila Anda sudah melakukan semua langkah di atas sudah dilakukan dan masih muncul pesan eror serupa, Anda bisa melakukan proses clear cache di browser yang digunakan.

Panduan selengkapnya seputar cara clear cache browser, bisa Anda baca di artikel journal berikut ini.

5. Melakukan Update Versi OS dan Web Browser

Sertifikat SSL dari vendor tertentu seperti Le’S Encrypt, diketahui memiliki kendala kompatibilitas dengan OS atau web browser versi lama. Apabila Anda masih menggunakan sistem operasi versi lama seperti Windows 7 atau Windows 8, sangat disarankan untuk melakukan upgrade, minimal ke Windows 10.

Apabila belum memungkinkan melakukan update versi OS, alternatif lainnya, Anda bisa melakukan update Web Browser ke versi terbaru yang masih mendukung OS yang Anda gunakan. Web browser terbaik yang masih bisa Anda gunakan di OS versi lama adalah Mozilla Firefox. Di laman resmi website, browser Mozilla Firefox masih mendukung Windows 7, 8 dan 8.1 sampai bulan September 2024.

Apabila Anda masih menggunakan Windows 7, 8 dan 8.1, saat ini Anda masih bisa menggunakan Mozilla Firefox versi terbaru yang menyediakan keamanan, fitur terbaru, serta kompatibilitas yang baik dengan berbagai macam sertifikat SSL.

6. Menonaktifkan Sementara Aplikasi Antimalware di Windows

Meskipun aplikasi antimalware memiliki peran yang krusial untuk melindungi komputer Anda terlindungi dari beragam malware, filter pada aplikasi antimalware bisa menyebabkan kendala akses dengan pesan ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR.

Apabila kebetulan website yang ingin Anda akses gagal dengan pesan error tersebut, Anda bisa menonaktifkan untuk sementara aplikasi antimalware yang terinstal di komputer.

Penutup

Protokol SSL saat ini sudah menjadi standar keamanan baru yang hadir di website-website modern, sehingga kendala web browser melakukan koneksi SSL akan memunculkan pesan ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR.

Dari beragam kendala akses website dengan pesan error yang berbeda-beda, ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR adalah salah satu pesan gagal akses website yang mungkin akan Anda jumpai saat ini.

Apabila website Anda mengalami gagal akses dengan pesan tersebut, Anda tidak perlu merasa panik. Dengan mengetahui penyebab-penyebabnya, Anda bisa melakukan pengecekan dan mengatasinya, sehingga website akan tampil kembali dengan baik.

Demikian artikel journal Rumahweb seputar Mengatasi ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR Pada Website. Apabila mengalami kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi tim Technical Support Rumahweb yang akan selalu siap memandu dan membantu Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.