Rumahweb Journal
Banner - Mengaktifkan WordPress Debug

Mengaktifkan WordPress Debug di wp-config dan WP Toolkits

Kami sering menjumpai error pada WordPress, namun tidak menampilkan pesan error apa yang menjadi penyebabnya. Untuk hal ini, bisa kita siasati dengan cara mengaktifkan WordPress debug melalui file wp-config atau menggunakan WordPress Toolkits.

Mengaktifkan WordPress debug terbukti efektif untuk mengenali penyebab error pada WordPress, agar kita bisa melakukan tindakan untuk memperbaiki masalah pada website. Selain WordPress debug, sebenarnya hosting akan meyediakan file dengan nama error_log yang terletak di directory root domainnya. Namun terkadang, file ini tidak tampil atau tidak terupdate, sehingga kita perlu mengaktifkan WordPress debug untuk melihat detail kendala yang terjadi.

Namun sebelumnya, kami akan membahas sedikit tentang apa itu WordPress dan WordPress toolkits. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu WordPress?

WordPress adalah salah satu content management system (CMS) yang paling banyak digunakan saat ini. Awalnya, WordPress hanya digunakan sebagai platform blogging. Namun seiring perkembangan waktu, WordPress menjelma menjadi CMS yang serba bisa.

Bisa digunakan untuk blogging, Company profile, Website personal hingga Toko Online dengan Woocommerce-nya. Selain itu, tersedia ribuan theme dan plugin yang bisa Anda gunakan, serta banyaknya tutorial di search engine yang menjadikan WordPress menjadi CMS nomor satu hingga saat ini.

Namun ada kalanya website berbasis WordPress tidak bisa diakses walaupun sebelumnya tidak melakukan update atau perubahan apapun. Hal ini bisa terjadi karena beberapa penyebab, namun seringkalinya tidak jauh-jauh dari plugin, theme, ataupun versi WordPress yang corrupt.

WordPress Toolkit dan Fiturnya 

Di hosting Rumahweb, kami menyediakan fitur mumpuni untuk mengelola WordPress. Fitur tersebut bernama WordPress Toolkit. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengelola, melakukan maintenance plugin dan theme, dan sebagainya. 

Salah satu fitur dari WordPress Toolkits adalah debugging untuk mendeteksi error yang terjadi di WordPress. Supaya Anda mengetahui lebih jauh kehandalan tools ini, silakan simak artikel kami tentang apa itu WordPress Toolkit dan cara menggunakannya di cPanel.

Mengaktifkan WordPress Debug

Setidaknya ada 2 cara untuk mengaktifkan debug, yaitu melalui file wp-config dan melalui tools dari WP Toolkits. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara mengaktifkan WP Debug melalui keduanya.

Dari wp-config.php

Berikut akan kami sampaikan tahap-tahap mengaktifkan WordPress debug melalui wp-admin pada cPanel.

  1. Login ke cPanel hosting Anda
  2. Masuk ke menu File Manager > public_html, lalu edit file wp-config.php
  3. Rubah baris “define( ‘WP_DEBUG’, false );” menjadi “define( ‘WP_DEBUG’, true );”
    Jadi pada kata “false” dirubah menjadi “true”. Nantinya jika proses debug telah selesai dilakukan, dikembalikan lagi ke “false”.
  4. Untuk mempermudah proses, tambahkan di bawah baris pada poin nomer tiga baris berikut:
define('WP_DEBUG_LOG', true);
define('WP_DEBUG_DISPLAY', true);
define('SCRIPT_DEBUG', true);

Hasilnya akan menjadi seperti gambar berikut.

cara mengaktifkan WordPress debug melalui wp-config

Setelah menambahkan script debug, Anda bisa mengakses ke website Anda. Biasanya akan muncul penyebab website error, lalu Anda bisa melakukan tindakan sesuai dengan kendalanya.

WordPress Toolkits

  1. Login ke panel hosting Anda. 
  2. Pilih menu WordPress Toolkit.
    Apabila disana belum tampil nama domain Anda, silakan klik menu Scan terlebih dahulu dan tunggu beberapa saat.
  3. Setelah tampil nama domainnya, aktifkan Debugging.
WordPress Toolkits - wordpress debug
  1. Silakan akses alamat website Anda melalui browser.
    Sampai disini, seharusnya di browser sudah tampil pesan error sebagai petunjuk.
Contoh pesan error yang muncul
  1. Dari pesan error yang tampil, Anda dapat lakukan tindakan sesuai petunjuk tersebut.

    Bila dari contoh tersebut, terlihat errornya berasal dari plugin akismet. Solusinya, bila plugin tersebut tidak digunakan kembali, silakan dinonaktifkan pluginnya melalui WP Toolkit. Apabila pluginnya masih digunakan, silakan upload ulang plugin versi terbarunya. Berikut  panduan upload theme atau plugin secara manual ke hosting Rumahweb.
  1. Setelah pesan error yang muncul diperbaiki, silahkan dicoba kembali untuk mengakses nama domainnya.
Contoh website yang sudah berhasil diakses

Kesimpulan

WordPress adalah platform pembuatan website yang lengkap dan banyak kemudahan yang Anda dapatkan ketika menggunakannya. Pesan kami supaya website WordPress Anda tetap aman, dan meminimalkan dari error, silakan pastikan Anda menggunakan versi terbaru WordPress, theme, dan pluginnya. Pastikan Anda juga menggunakan plugin dan theme yang didownload atau dibeli dari sumber resmi.

Setelah website berhasil diperbaiki, jangan lupa untuk mengubah kembali WordPress debug statusnya dari true menjadi false agar tidak ada informasi error yang muncul pada website.

Demikian panduan penanganan pertama pada WordPress yang error. Apabila Anda telah mengikuti panduan tersebut dan belum juga terselesaikan kendalanya , silakan menghubungi support teknis kami untuk dibantu pengecekannya. Semoga artikel ini bisa membantu Anda. Terima kasih. 

Demikian cara mengaktifkan WordPress debug dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Dodong Priyambodo

Bapak muda alumni roker, berhenti sejak covid-19.