Mengaktifkan SSL Di CMS Magento

Sertifikat SSL digunakan untuk meningkatkan keamanan website. Fungsi dasar SSL adalah untuk mengenkripsi semua komunikasi antara browser dan server, kemudian memastikan bahwa semua data melewati koneksi aman (HTTPS). Untuk itu SSL sangat diperlukan bagi pengguna Toko Online. Berikut ini cara mengaktifkan ssl Magento.

Sertifikat SSL adalah keharusan ketika Anda ingin mengoperasikan toko online dan memproses data pelanggan yang sensitif melalui perangkat lunak Anda. Dengan SSL dapat membantu Anda mendapatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan peringkat di Google. Anda dapat membeli SSL pribadi dari halaman SSL Certificate Rumahweb. Namun bila hosting Anda sudah memberikan fasilitas SSL gratis, Anda bisa mengaktifkannya langsung. Berikut ini langkah-langkah melakukan konfigurasi ssl Magento.

1. Login ke halaman administrator Magento.
Kemudian masuk ke menu toko (shop) > konfigurasi (configuration).

2. Setelah itu, silakan menuju ke halaman konfigurasi > web. Periksa bagian setting URL Dasar. Pada bagian Base URL silahkan ubah dari http://namadomain.com menjadi https://namadomain.com (sesuaikan nama domain Anda).

3. Dibawah URL dasar, terdapat bagian URL Aman, silahkan setting sesuai screenshot berikut :

Pastikan “Secure Base URL” sudah menggunakan HTTPS, dan ubah 2 bagian dibawahnya yaitu :
a. Gunakan URL aman di etalase menjadi Yes.
b. Gunakan URL Aman di Admin menjadi Yes.

4. Klik “Simpan Config” disebelah kanan atas untuk melakukan penyimpanan setting konfigurasinya. Silakan akses alamat website Anda.

5. Selamat, website Anda sudah bisa diakses menggunakan https. Ini artinya website Anda sudah lebih aman dari sebelumnya.

Demikian panduan Rumahweb tentang cara mengamankan CMS Magento. Apabila Anda mengalami kesulitan atau kendala dalam settingnya, silakan menghubungi support teknis Rumahweb untuk dibantu cek. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar