Mengakses Email melalui Webmail

Setelah membuat email account, hal yang normalnya dilakukan selanjutnya adalah mengakses alamat email yang baru saja dibuat.

Cara paling mudah untuk mengakses alamat email ini adalah melalui web browser. Mudah, karena Anda tidak perlu melakukan instalasi software tambahan pada PC Anda hanya untuk mengakses ke alamat email. Fitur ini disebut juga dengan nama webmail dan memang sudah tersedia secara cuma-cuma pada layanan Cloud Hosting di Rumahweb. Yuk, kita simak langkah-langkah untuk akses email melalui webmail :

1. Webmail dapat diakses melalui http://namadomainanda.com/webmail

2. Setelah diakses, akan muncul form ‘Email Address’ dan ‘Password’. Pada kolom ‘Email Address’, silahkan diisikan dengan alamat email yang baru Anda buat (secara penuh, termasuk nama domainnya). Lalu pada kolom ‘Password’, isikan dengan password dari alamat email tersebut.

3. Setelah login, Anda akan menemukan 3 pilihan aplikasi webmail yang dapat digunakan, yaitu :

  • Horde
  • Roundcube
  • Squirrelmail

Pada tulisan kali ini, kita pilih Squirrelmail.

Untuk mencegah ketiga pilihan aplikasi ini tetap muncul setelah Anda login ke webmail, Anda dapat mengklik pada ‘Set as Default’ dari aplikasi yang ingin terus Anda gunakan.

Setelah itu, klik pada kotak Squirrelmail

Anda akan langsung diarahkan ke opsi penggunaan Nama dan Alamat Email. Pada kolom ‘Full Name’, silahkan diisikan dengan nama Anda atau nama yang ingin ditampilkan pada email Anda. Setelah itu, klik tombol ‘Submit’.

Anda akan langsung diarahkan ke Inbox dan sudah dapat menggunakan alamat email Anda melalui webmail.

Demikian panduan akses email domain Anda melalui webmail. Jika memiliki pertanyaan, bisa langsung menghubungi technical support Rumahweb.

Be Sociable, Share!