Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development

Menampilkan Ringkasan Aktifitas Email dari Log Email Exim

Pada tulisan ini akan menginformasikan bagaimana mendapatkan ringkasan aktifitas email (yang disebut dengan eximstats) dari jangka waktu tertentu menggunakan informasi dari log email Exim (exim_mainlog). Ringkasan aktifitas email berguna untuk mengetahui jumlah antrian email, email yang terkirim, email yang gagal terkirim.

Karena menggunakan informasi dari log email Exim (exim_mainlog), maka panduan ini akan lebih banyak menggunakan perintah melalui command line, yang biasa dilajalankan menggunakan SSH. Untuk VPS dengan cPanel, lokasi file log berada di /var/log/exim_mainlog.

Pada panduan ini kita akan meringkas aktifitas email untuk 5 hari, yakni pada mulai tanggal 20-25 Februari 2020. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan login ke server menggunakan SSH.
  2. Buat file yang akan digunakan untuk mendapatkan eximstats. Untuk mendapatkan datanya, kita menggunakan perintah egrep. Untuk mendapatkan data tanggal 20-25 Februari 2020, berikut perintahnya: egrep '2020-02-20|2020-02-21|2020-02-22|2020-02-23|2020-02-24|2020-02-25|' /var/log/exim_mainlog > log_email
  3. Untuk mendapatkan ringkasan, berikut perintahnya: eximstats log_email | less . Kita menggunakan perintah “less” agar dapat kita tampilkan sesuai keinginan. Untuk keluar dari tekan “q”.


Yang ditampilkan oleh eximstats diantaranya adalah ringkasan total, email masuk per jam, waktu yang dibutuhkan untuk antrian email, ringkasan email yang ditolak yang diurutkan beradasarkan alasan, dll. Ringkasan ini penting untuk melakukan pengecekan kendala pada email server, seperti penyebab seringnya kegagalan pengiriman email.

Demikian artikel tentang Menampilkan Ringkasan Aktifitas Email dari Log Email Exim, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Dodong Priyambodo

Bapak muda alumni roker, berhenti sejak covid-19.

Blog Competition