Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development

Menampilkan Icon di Address Bar Dengan Mudah

 Di website-website yang sering kita kunjungi, sering kita lihat adanya sebuah icon di sebelah kiri address bar. Icon ini juga akan muncul ketika kita bookmark website tersebut di browser yang kita gunakan sehari-hari. Sebagai contoh adalah huruf F putih dengan latar belakang biru pada situs Facebook.

Icon ini disebut juga sebagai favicon –mungkin maksudnya adalah favorit icon– dan tentu saja Anda juga bisa membuatnya sendiri untuk website Anda agar terlihat lebih menarik dan terkesan profesional.

Pertama-tama Anda  siapkan dulu file gambar dengan ekstensi .ico berukuran 16 x 16 piksel. Untuk membuat file .ico Anda bisa menggunakan image converter yang bisa dengan mudah dicari di internet. Anda juga bisa membuat sendiri menggunakan tool online dari website favicongenerator.com dan mendownload hasilnya ke komputer.

Simpanlah file tersebut dengan nama favicon.ico kemudian upload ke website Anda di folder/direktori public_html. Sekarang coba Anda refresh halaman website Anda, website Anda sekarang sudah dilengkapi dengan favicon sehingga terlihat lebih keren.

Di browser saya belum muncul, bagaimana ini?

Jangan panik dulu. Browser akan menyimpan cache di komputer, untuk itu silahkan membersihkan cache browser Anda kemudian coba akses lagi. Jika ternyata masih belum muncul juga, silahkan periksa browser Anda apakah sudah mendukung penggunaan favicon atau belum.

Tinggalkan Komentar

Rumahweb

Blog Competition