Menambah Limit Memory WordPress di cPanel

Seperti halnya aplikasi desktop di komputer, CMS WordPress juga membutuhkan alokasi memory (RAM) supaya bisa berjalan di server. Secara default, CMS WordPress memberikan batasan maksimal alokasi memory yang bisa dipakai adalah 32 MB.

Secara umum, dengan alokasi memory default, CMS WordPress sudah bisa berjalan dengan baik. Namun ada kalanya, beberapa plugin tertentu memerlukan alokasi memory yang lebih besar, supaya bisa berjalan dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Apabila kebetulan Anda menemui kasus seperti itu, Anda perlu menambah limit memory di WordPress, supaya plugin yang ingin Anda pasang bisa berjalan. Kali ini, Rumahweb ingin berbagi tips menambah limit memory WordPress di cPanel.

1. Login ke cPanel, masuk ke File Manager.

2. Masuk ke public_html, cari file wp-config.php, kemudian klik kanan dan pilih Edit.

3. Cari baris yang bertuliskan ‘That’s all, stop editing! Happy blogging.’ Tepat di atasnya, tambahkan parameter sebagai berikut :
define( 'WP_MEMORY_LIMIT', '256M' );
Ukuran memory bisa disesuaikan, sesuai dengan kebutuhan dari plugin yang ingin Anda instal. Sebagai contoh, di sini ingin menambah alokasi memory sebesar 256MB.

4. Terakhir, klik Save. Untuk melihat perubahannya, bisa Anda cek di halaman Dashboard WordPress, di menu pengaturan plugin terkait. Sebagai contoh : plugin Woocommerce -> Status -> System status.

Demikian panduan menambah limit memory WordPress di cPanel. Apabila mengalami kendala silahkan menghubungi Tim Technical Support Rumahweb, untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar