Memulai Posting Artikel di WordPress

Seperti kami janjikan sebelumnya, bahwa kami akan membahas secara khusus mengenai penulisan artikel di wordpress. Pada intinya di wordpress ada dua jenis artikel, yaitu post dan page. Posting adalah artikel yang tersusun dan terstruktur juga terurut. Berbeda dengan posting, page berdiri sendiri sebagai halaman blog dan terpisah dengan posting. Pada website portal, post bisa diibaratkan sebagai berita selalu update, sedangkan page merupakan halaman web lainnya yang berdiri sendiri. Semoga bisa dimengerti 🙂

Langsung saja ke materi, setelah anda login ke wp-admin silahkan klik menu “Post” – “Add New” apabila ingin membuat posting baru seperti yang ditunjukkan dalam gambar di bawah ini:

Apabila ingin membuat Page baru, bisa mengakses menu “Pages” – “Add New” .

Kemudian Anda akan melihat tampilan sebagai berikut:

Title adalah judul dari artikel yang akan anda tulis, dibawahnya ada teks editor untuk mengisi artikel anda. Di teks editor tersebut ada beberapa icon yang akan membantu anda dalam menulis dan memanage artikel anda. Saya yakin icon-icon diatas sudah familiar dengan anda karena fungsi dan gambarnya sama dengan icon-icon di word processor seperti ms-word atau open office. Beberapa icon yang beda mungkin cara memasukan images atau media lain. Seperti anda lihat, dibagian atas teks editor ada icon Add Media. Media yang dimasukkan diatas akan disimpan ke media library, jadi jika suatu saat dibutuhkan kembali anda bisa memanggilnya di menu “Media” – “Library”.

Disamping teks editor ada satu bagian lagi diantaranya adalah Publish. Publish artinya adalah anda mempublikasikan tulisan anda. Jika anda “Save Draft” saja, artikel yang anda tulis akan tersimpan di sistem dan tidak dipublikasikan. Untuk melihat preview dari tulisan dengan cara menklik “Preview”. Dibagian ini ada kelebihan yang sangat penting, yaitu di atas tombol “Publish” ada link “edit”. Link tersebut untuk mengatur waktu publish artikel anda. Jadi anda bisa setting kapan artikel tersebut di publish sebagai schedule.

Dibagian bawah “Publish” ada bagian “Categories” untuk mengelompokan artikel yang anda tulis berdasar kategori yang ada di blog anda. Di bawah Categories terdapat bagian “Tags” untuk mengelompokan artikel anda berdasar tag. Bagian bawah dari categories jarang sekali digunakan kecuali untuk kepentingan tertentu.

Be Sociable, Share!