Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
error_establishing_a_database_connection

Memperbaiki Error Establishing a Database Connection Pada WordPress

Ketika website sudah berjalan lama namun kemudian tiba-tiba mendapatkan pesan error establishing a database connection, tentunya akan menimbulkan pertayaan, ada apa dengan database-nya? Pesan tersebut juga dapat muncul ketika baru saja mengupload website wordpress dari localhost atau dari server lain ke server yang saat ini digunakan.

Ada beberapa kondisi umum yang dapat menyebabkan error tersebut muncul. Beberapa kondisi tersebut diantaranya:

  1. Setting koneksi database yang tidak sesuai
  2. Prefix table database yang tidak sesuai
  3. Database dan atau user database terhapus atau belum dibuat
  4. User database belum di add user to database, atau belum di add privileges
  5. Database mengalami kendala, atau Service Database (MySQL) di server mengalami down

Untuk mengatasinya, mari kita coba periksa satu persatu dari beberapa kondisi diatas. Pada panduan ini akan dibahas untuk pengecekan pada Hosting/Server yang menggunakan cPanel.

1. Setting koneksi database yang tidak sesuai
Pastikan setting koneksi database tidak mengalami masalah. Silahkan login ke cPanel Hosting Anda kemudian masuk ke menu File Manager >> lalu buka file config.php
Pastikan tidak ada kesalahan dalam isian nama database, user, dan password pada baris berikut

/** The name of the database for WordPress */
define(‘DB_NAME’, ‘namadatabase’);

/** MySQL database username */
define(‘DB_USER’, ‘userdatabase’);

/** MySQL database password */
define(‘DB_PASSWORD’, ‘passworduserdatabase’);

/** MySQL hostname */
define(‘DB_HOST’, ‘localhost’);

Sesuaikan dengan nama database, userdatabase dan password database yang Anda buat di cPanel pada menu MySQL Databases.

2. Prefix Database yang tidak sesuai
Masih pada file config.php , periksa bagian $table_prefix , secara default untuk prefix table database adalah menggunakan:
$table_prefix = ‘wp_’;
Namun jika tidak menggunakan format default tersebut, maka Anda harus menyamakan dengan prefix database yang digunakan. Untuk melihat prefix database yang digunakan, Anda bisa login ke cPanel kemudian masuk ke fitur PHP MyAdmin. Kemudian masuk ke database dan lihat table pada database tersebut. Prefix database akan terllihat pada nama table, misalnya jika table-table nya berawalan wp_ seperti gambar dibawah ini, maka prefix-nya adalah
$table_prefix = ‘wp_’;

3. Database atau user database terhapus atau belum dibuat
Pastikan database dan user database sudah dibuat dengan login ke cPanel kemudian masuk ke menu MySQL Databases. Cocokkan nama database dengan user database dengan nama database dan user database di file config.php . Jika user atau nama database belum dibuat, maka Anda bisa membuatnya dahulu. Namun apabila sebelumnya sudah dibuat dan terhapus lalu ingin di restore, silahkan menghubungi support Hosting yang digunakan untuk menanyakan ketersediaan data backup diserver.

4. User database belum di add user to database, atau belum di add privileges.
Kendala ini pada umumnya dialami pada user yang baru mengupload file website dari localhost atau dari server lain. Ketika Database, user database, dan password sudah dibuat, namun user belum di add privileges. Untuk user to database dapat dilakukan dari menu MySQL Database, temukan fitur “Add User To Database” pada halaman tersebut. Pilih user dan database yang akan dihubungkan, lalu klik Add. Kemudian centang opsi ALL PRIVILEGES untuk menambahkan privileges.

5. Database mengalami kendala, atau Service Database (MySQL) di server mengalami down
Pastikan Database dalam kondisi normal. Pemeriksaan awal dapat dilakukan dengan masuk ke menu MySQL Database, kemudian pilih database yang digunakan dan periksa table-nya satu persatu. Jika ada salah satu table yang bermasalah, Anda bisa mencoba untuk melakukan repair table database. Namun apabila Anda menemukan kendala atau error yang tidak dapat Anda selesaikan sendiri, silahkan menghubungi support Hosting yang digunakan untuk dibantu melakukan pemeriksaan.

Demikian panduan memperbaiki error establishing a database connection pada WordPress, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Gatot Antok Wibowo

Blog Competition