Memindahkan File Installasi CMS Dari Softaculous (Clone)

Saat installasi CMS menggunakan Softacolous cPanel terkadang kita lupa mengosongkan isi dari kolom “In directory”. Sehingga file installasi akan terletak di folder yang bukan kita maksudkan sebelumnya, sehingga ketika diakses menyebabkan url aksesnya juga tidak seperti yang diinginkan.

Misalnya, ketika akan menginstall CMS WordPress di denny.rumahweb.org namun ketika diakses tidak muncul dan saat diperiksa file installasi berada di /wp sehingga aksesnya menjadi denny.rumahweb.org/wp . Nah bagaimana kita mengubah file installasi dari denny.rumahweb.org/wp ke denny.rumahweb.org ?

Berikut ini cara memindahkan / cloning file installasi CMS yang diinstall melalui softacolous.

1. Login ke cPanel Hosting.

Silakan login ke cPanel hosting Anda terlebih dahulu. Untuk login ke cPanel hosting bisa dilakukan dari halaman clientzone.

2. Pilih menu Softaculous.

3. Pilih menu “All Installation”.

4. Pilih menu “Clone” pada installasi yang akan dipindahkan.

5. Ubah kolom “in directory” sesuai yang diinginkan.
Misalnya kita akan mengubah dari denny.rumahweb.org/wp ke denny.rumahweb.org. Berikut screenshootnya :

Sebelumnya :

Sesudahnya :

6. Klik “Clone Installation”.

7. Selesai.

Silahkan dicoba akses alamat websitenya tanpa /wp (denny.rumahweb.org). Apabila masih belum tampil silahkan mencoba clear cache browser (ctrl +f5) dan atau menggunakan browser yang berbeda.

Demikian panduan Rumahweb tentang cara memindahkan installasi CMS melalui menu clone softaculous cPanel hosting. Apabila ada kesulitan atau pertanyaan terkait cara memindahkan installasi CMS tersebut, silakan menghubungi support teknis Rumahweb untuk dibantu lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar