Memilih Nama Domain

“tak kenal, maka tak sayang”, istilah lama yang masih sering kita kenal hingga sekarang. Tahukah anda kalau istilah itu juga berlaku pada nama domain. sebuah nama domain akan menjadi alat yang dapat menguntungkan buat website anda. Sebuah perusahaan atau perorangan yang akan membuat sebuah website, harus pintar-pintar dalam memilih nama domain.

Domain = Isi
Sebuah nama domain harus mencerminkan isi keseluruhan dari website. misalnya : anda ingin membuat sebuah website yang berisi tentang usaha hotel, maka bisa saja nama domain yang anda pilih akan seperti ini “www.hotelku.com” atau di kombinasikan dengan nama perusahaan anda, seperti “www.habbohotel.com” (habbo adalah nama hotelnya)

Gampang diingat
ada jutaan website yang tersebar di internet. oleh sebab itu pemilihan nama domain yang mudah untuk diingat, menjadi sangat penting. bagaimana caranya supaya gampang diingat?
ini tips nya:
a. Hindari penggunaan angka pada nama domain.
misalnya : “www.free4all.com” akan sangat membingungkan jika di banding dengan “www.freeforall.com”
b. dashes (-) atau underscore (_) lebih baik tidak dipakai.
c. Hindari penggunaan singkatan
d. Pilih nama domain yang singkat,

Ekstensi domain
.com masih merupakan pilihan terbaik untuk ekstensi domain. orang awam lebih cenderung untuk mengetik “.com” dari pada ekstensi lainnya. Walaupun juga tidak masalah jika anda memilih eksetensi domain lain.

Pelanggaran Merk Dagang
Pastikan nama domain yang dipilih bukan merupakan merk dagang yang telah terdaftar. Pemegang merk dagang memiliki hak untuk melindungi merk dagang mereka masing2.
Jika hal itu terjadi, maka anda dan bisnis anda berada dalam bahaya.

Langkah awal yang terbaik adalah mencatat kemungkinan domain yang akan digunakan. Dan jika beruntung, anda akan mendapatkan salah satu dari nama domain yang ada di daftar anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *