Rumahweb Journal

Membuat Landing Page Menggunakan Elementor pada WordPress

Landing page bagi sebuah website merupakan kebutuhan penting, dimana landing page berfungsi sebagai “wajah” website kita kepada publik. Selain itu, landing page juga berfungsi untuk menarik minat calon pembaca website atau pembeli jika Anda membuat website toko online. Itulah mengapa Anda perlu membuat landing page yang menarik, agar pelanggan atau calon customer lebih tertarik kepada produk Anda.

Kali ini, kami akan memberikan panduan penggunakan plugin elementor sebagai salah satu plugins page builder yang bisa digunakan untuk membuat landing page dengan mudah. Tentunya, pastikan Anda sudah punya domain dan hosting aktif ya! Kalau belum punya, silakan order disini. Selain domain hosting, Anda juga perlu melakukan installasi wordpress pada hosting Anda, jika belum diinstall maka bisa dicek panduan berikut ini untuk installasi wordpressnya :

Setelah semuanya siap, selanjutnya silakan login dahulu ke admin dashboard wordpressnya pada URL https://namadomainanda/wp-admin.

Install Plugin Elementor

Sebelum masuk di bagaimana cara pembuatannya, silakan lakukan installasi plugins “Elementor” dengan cara klik “Plugins” kemudian “Add New”

install elementor - Membuat Landing Page Menggunakan Elementor pada WordPress

Cari “elementor” lalu klik “Install Now”

Jika Installasi sudah selesai, jangan lupa untuk aktifkan pluginsnya ya, seperti ini :

1 . Membuat Landing Page Dengan Template

Untuk membuat landing page, maka hal dasar yang dibutuhkan yakni page yang akan digunakan sebagai wadah pembuatan landing pagenya. Untuk membuat page, silakan bisa klik menu “Pages” >> “Add New” atau bisa melihat gambar berikut ini :

Setelah dibuat, jangan buru buru edit dengan elemntor. Silakan Anda ubah dulu template defaultnya menjadi menggunakan elementor canvas pada setting “Pages Attributs”.

Setelah perubahan tamplate disimpan, baru Anda klik “Edit with Elementor”

Anda akan di redirect ke halaman editor di elementor. Kurang lebih seperti ini tampilannya :

Untuk membuat design dengan template yang disediakan elementor cukup mudah, Anda hanya cukup klik tombol “folder” dengan begitu akan muncul tumbnail design design yang disediakan dari plugins elementor.

Anda bebas pilih salah satu template yang diinginkan. Silakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing masing dan sesuai “look” dari masing masing website yang akan dibangun. Apabila Anda masih belum punya akun di elementor, bisa klik “gets started” dan buat akunnya ya!

Dan woila template Anda akan tampil dan silakan dilakukan penyesuaian isi templatenya sesuai kebutuhannya.

Setelah perubahan template dirasa cukup, Anda bisa klik “Publish” . Anda juga bisa simpan sebagai template dengan cara “save as template” agar design yang sudah Anda buat bisa dijadikan template pada page lain. Mudah bukan?


2 . Membuat Landing Page Dengan Design Sendiri

Jika sebelumnya membahas mengenai penggunakan template dalam pembuatannya yang bisa dikatakan dengan cara instan, Anda bisa juga membuat design Anda sendiri dari nol menggunakan elementor lho!

Cara awalnya sama, silakan bisa dilakukan “add new pages” seperti panduan diatas hingga muncul halaman editor dari elementor itu sendiri ( jangan lupa untuk ubah templatenya menjadi elementor canvas lagi ya ).

Untuk membuat design dari nol, maka Anda harus mengetahui fungsi masing masing dari tools yang ada di elementor. Berikut kami berikan penjelasan singkat fungsi masing masing dari tools yang ada :

2.1. TOOLS BASIC

2.2. TOOLS GENERAL

Sebenarnya, masih banyak tools lain yang disediakan plugins elementor namun sifatnya PRO atau Anda harus upgrade plugins tersebut ke versi premiumnya. Namun, dengan tools tools dasar dan umum diatas saja, Anda sudah bisa membuat website yang menarik.

Bagi yang masih bertanya, kemudian bagaimana cara menambahkan widgetnya ke canvas? Anda bisa menambahkannya dengan drag and drop widget yang Anda butuhkan ke canvas editor Anda. Susun design website sesuai dengan kebutuhan ya!

Anda bisa gunakan “add stucture” untuk membagi canvas menjadi beberapa kolom bagian seperti ini :

Pilih layout yang cocok disesuaikan dengan kebutuhan. Selanjutnya Anda bisa mengisikan masing masing kolom dengan drag and drop widget yang dibutuhkan.

Seperti biasa, jika sudah selesai Anda bisa simpan template yang sudah Anda buat.

3. Setting Landing Page Menjadi Frontpage

Ini langkah terakhir yang perlu Anda lakukan jika landing page yang Anda buat tadi ingin dijadikan front page. Caranya cukup mudah, Anda hanya cukup setting pada menu Settings > Reading > kemudian Anda ubah pada bagian “Your homepage displays” pilih “A static page (select below)” lalu pilih landing page yang sudah Anda buat tadi > save.

Jadi bagaimana rumahwebers? Mudah bukan? Selamat mencoba ya!

Demikian tutorial membuat landing page menggunakan plugin elementor, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Hikmah Nurul Ardhaningtyas