Membuat Email Baru Menggunakan Address Importer

Pada cPanel, pembuatan email account bisa dilakukan secara manual (satu-persatu) atau bisa membuat beberapa akun sekaligus melalui Address Importer. Pada panduan kali ini, kami akan membuat beberapa email sekaligus melalui address importer.

Kami akan melakukan import menggunakan file .csv yang mudah dibuat. File .csv dapat dibuat dengan teks editor apapun. Adapun contoh susunan file .csv yang digunakan untuk membuat email baru sebagai berikut:

Susunan pada contoh file diatas yakni terdiri atas alamat email, password, dan kuota dari masing-masing email. Tiap bagian dipisahkan dengan tanda baca “koma” (,) sebagai pemisahnya. Untuk password, pastikan password minimal terdiri dari 8 karakter yang dibuat terdiri dari gabungan huruf kecil, kapital, tanda baca dan angka agar lebih aman.

Baris berisi alamat email yang ingin dibuat. Baris pertama memang berisi contoh (header) susunan. Pada contoh ini, pada baris kedua, kita ingin membuat alamat email “dono@warkopdki.id” dengan password “G3ngsiDon6” dan kuota email sebesar 10MB.

Contoh susunan ini dapat diunduh pada tautan ini.

Berikut langkah panduannya:

Akses menu “Address Importer” yang ada di Cpanel.

  • Pilih file yang ingin diimpor. Setelah memiliih file yang akan diupload, klik “Next” untuk melanjutkan.

  • Apabila susunan file yang ingin dimasukkan sesuai contoh diatas, maka yang dipilih/diaktifkan adalah opsi “Select Delimiter = Comma (,)” dan “Treat first row as column headers”. Klik “Next” untuk melanjutkan.

  • Apabila susunan benar dan terbaca oleh server, langkah selanjutnya akan menuju halaman konfirmasi dari akun email yang akan dibuat.  Klik “Next” untuk melanjutkan.

  • Jika benar, pilih “Next” untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

  • Setelah proses berhasil, akan muncul halaman berisi akun email yang sudah dibuat seperti di bawah ini.

  • Untuk memastiikan, kita dapat login ke cPanel lalu klik fitur Email Account guna pengecekan lebih detail.

Demikian cara membuat email dengan menggunakan Address Importer, selamat mencoba. 🙂

Be Sociable, Share!