Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
Manajemen Database di VPS Odin Plesk 12

Manajemen Database Di VPS Odin Plesk Panel 12

Pada artikel ini Rumahweb akan memberikan informasi kegunaan dari masing-masing ikon didalam menu Database di VPS Odin Plesk 12. Salah satu yang sudah sering dijumpai yaitu PhpMyAdmin, yang juga ada di hosting cPanel.

Untuk menuju ke menu Database ini, silahkah masuk ke menu Databases seperti digambar. Bila Anda belum login ke halaman Plesk Panel, silakan login terlebih dahulu melalui client zone Rumahweb.

menu databases di odin plesk 12

Setelah itu, Anda kan menjumpai tools seperti dibawah ini ;

database management di odin plesk 12


1. PhpMyAdmin

PhpMyAdmin adalah perangkat atau tools yang digunakan untuk menangani administrasi MySql. PhpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), import, export dan lain-lain).

PhpMyAdmin di hosting sering digunakan untuk proses import, export file .sql database dari local ke server.

2. Connection Info

Pada menu ini Anda dapat melihat hostname, database, username yang digunakan pada database ini. Informasi ini dapat digunakan untuk mengatur koneksi web ke database. Berikut contohnya sesuai gambar diatas.

3. Copy

Fitur ini digunakan untuk menduplikat database.

copy database odin plesk 12

Keterangan Destination database :

  • Create database with name: Apabila ingin membuat duplikat database Concrete5_3 dengan nama database yang berbeda.
  • Copy to exiting database: Apabila ingin mengcopy isi database Concrete5_3 ke database yang sudah dibuat. Yang akan mereplace isi database tujuan, apabila sebelumnya sudah terisi table-table.

4. Export Dump

Fitur Export Dump digunakan untuk mengexport database dalam bentuk .zip . Defaultnya akan diexport ke direktori website dan bisa juga di download ke PC.

5. Import Dump

Fitur Import Dump digunakan untuk mengimport file .sql ke database. Import file .sql ini dapat dipilih dari local/PC atau dari direktori website, apabila sebelumnya sudah diupload.

6. Check and Repair

Check and Repair digunakan untuk merepair database apabila sedang crash.

Kumpulan tools diatas digunakan untuk pengelolaan database. Melalui tools tersebut Anda bisa export import database, repair database yang corrupt, dan lain sebagainya. Sangat memudahkan kan?

Demikian artikel Rumahweb tentang manajemen database plesk panel. Apabila ada pertanyaan terkait beberapa tools yang dibahas diatas, Anda bisa menghubungi support kami untuk penjelasan lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar

Rudiharto

Suka makan bubur tanpa diaduk.

Blog Competition