Konfigurasi SSL pada VPS Ubuntu 16.04

Kali ini Rumahweb akan berbagi cara untuk melakukan konfigurasi SSL. Panduan kali ini akan menjelaskan tentang cara generate CSR + Key, serta instalasi SSL pada VPS dengan OS Ubuntu 16.04.

Berikut panduan untuk melakukan instalasi SSL nya :

1. Langkah pertama adalah generate CSR dan Key dari sisi server. CSR (Certificate Signing Request) digunakan untuk konfigurasi SSL, agar CRT bisa diterbitkan atau issued. Sedangkan Key digunakan untuk authentication dari sisi servernya. Anda bisa menjalankan kode berikut untuk generate CSR dan Key pada Ubuntu 16.04 :

Setelah menjalankan command tersebut maka akan ada file namadomain.key dan namadomain.csr pada folder dimana Anda berada saat ini.

2. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan konfigurasi SSL. Untuk konfigurasi SSL, bisa Anda lakukan melalui halaman Clientzone dengan panduan sebagai berikut : Konfigurasi SSL

3. Setelah SSL issued, Anda akan mendapatkan informasi tentang CRT yang dikirimkan ke email kontak yang terdaftar, atau bisa dilihat pada halaman clientzone pada menu Layanan > List layanan saya > Manage SSL. Anda bisa get file X509 Certificate.

4. Gabungkan isi file root cert dan intermediete cert, simpan dengan nama namadomain-cabundle.crt dan upload file namadomain.crt, namadomain.key, inter.cert, dan namadomain-cabundle.crt pada folder “/etc/pki/tls/certs/” jika belum ada silahkan buatkan foldernya.

5. Silahkan lakukan SSH akses ke VPS untuk melalui konfigurasi virtualhost SSL. Langkah pertama, enable dahulu modul SSL di VPS nya dengan jalankan command “sudo a2enmod ssl

6. Masuk ke folder /etc/apache2/sites-available/ di VPS nya, buatkan file baru dengan nama namadomain-ssl.conf, dengan isi sebagai berikut ini :

Sesuaikan nama domain dan document root (folder website) yang digunakan.

6. Jalankan command “apachectl configtest” untuk memastikan konfigurasi vhostnya tidak error, jika OK restart service apachenya dengan command “service apache2 restart

7. Silahkan Anda coba akses kembali domainnya menggunakan HTTPS.

 

Demikian panduan konfigurasi SSL pada Ubuntu 16.04, semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!