Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
OG Drupal Rumahweb

Installasi CMS Drupal Melalui Softaculous

Kali ini, Rumahweb akan menjelaskan cara installasi CMS Drupal melalui fitur Softaculous yang ada di cPanel. Proses installasi menggunakan metode ini cukup mudah, hanya memerlukan beberapa kali klik. Kita tidak perlu memiliki keterampilan coding untuk bisa melakukan installasi.

Berikut kami sampaikan panduan install CMS Drupal di cPanel :

1. Login ke cPanel melalui link http://namadomain/cpanel atau bisa login dari clientzone.rumahweb.com, pada menu Layanan > list layanan saya > klik tombol aktif > login to cPanel.

2. Setelah login ke cPanel, kemudian masuk ke menu Softaculous

softaculous cpanel

3. Untuk memulai installasi, silahkan klik pada tombol install seperti gambar dibawah.

2_install_drupal

4. Pada form installasi, kita perlu menyesuaikan kebutuhan, yang perlu diperhatikan diantaranya adalah kolom “Choose Domain”, pilih nama domain yg akan diinstall. Kemudian kolom “In Directory” silahkan dikosongkan jika ingin diinstall di directory utama website Anda, misalnya di http://namadomain.com . Kemudian untuk kolom “Cron Job” bisa diatur sesuai kebutuhan, namun jika Anda tidak memerlukan setting yang spesifik, silahkan dibiarkan sesuai default setting yang ada

3_form_installasi

5. Kolom dibawahnya adalah user, password dan email. Untuk user dan password bisa dibuat sesuai keinginan. Password yang digunakan disarankan memiliki kekuatan password yang cukup. Kemudian kolom email isi dengan alamat email yang aktif. Alamat email ini nantinya dapat berguna ketika kehilangan password admin, maka password bisa di reset ke alamat email yang terdaftar.

6. Klik tombol install dan jika berhasil akan tampil pesan bahwa installasi telah sukses. Sampai tahap ini installasi telah selesai, Anda sudah bisa mulai mengelola website menggunakan CMS Drupal.

Demikian panduan install drupal di cPanel, semoga bisa bermanfaat.

 

Tinggalkan Komentar

Gatot Antok Wibowo

Blog Competition