Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development

Instalasi SSL Berbayar Pada Plesk Obsidian

Kali ini Rumahweb akan membahas cara install SSL, untuk pengguna SSL berbayar yang diaktifkan dengan VPS dengan lisensi Plesk Obsidian dan WordPress Hosting. Cara instalasi VPS tidak terlalu rumit, karena sudah GUI sehingga sangat mudah.

Berikut adalah cara install SSL di Plesk Obsidian, silahkan ikuti dengan teliti :

1. Masuk ke Plesk Panel, bisa melalui http://namadomain.com:8443 (nama domain disesuaikan dengan yang dimiliki atau menggunakan IP untuk VPS) dibawah nama hosting domain yang ada sudah ada menu “SSL / TLS Certificates”.


2. Setelah masuk ke dalam menunya, silahkan klik tombol “advanced settings”


3. Setelah masuk ke dalam menunya, silahkan klik tombol “Add SSL/TLS Certificates”


4. Isikan nama SSL dan data-data SSL domain yang akan didaftarkan sesuai kolomnya, jika sudah klik tombol “request”.


5. Anda akan kembali ke halaman List SSL/TLS Certificates, dan sudah ada nama SSL yang sudah di request sebelumnya, silahkan klik nama SSL yang sudah dibuat sebelumnya.


6. Silahkan ambil data CSR yang sudah dibuat untuk dilakukan konfigurasi SSL nya terlebih dahulu.


7. Simpan data CSR dan lakukan konfigurasi SSL berbayar melalui halaman clientzone / client area. Panduan konfigurasi SSL bisa diperiksa pada halaman berikut ini :
a. SSL Sectigo : Panduan Konfigurasi SSL Sectigo Rumahweb
b. SSL Globalsign : Konfigurasi SSL Dari Halaman Clientzone Rumahweb

8. Setelah Anda melakukan proses verifikasi domain approval, Anda akan mendapatkan code sertifikat SSL yang akan dikirimkan ke email atau bisa didownload dari halaman clientzone / client area.

9. Silahkan Anda kembali ke halaman SSL/TLS Certificates di plesk panelnya, kemudian klik nama SSL nya, dan lakukan proses upload sertifikat SSL sesuai bagiannya.


Isikan kolom certificate dengan data kode certificate yang sudah dimiliki. Untuk kolom CA Certificate isikan gabungan kode root certificate dan intermediate certificate.

Setelah itu klik tombol “Upload Certificates”

10. Setelah sukses proses uploadnya, silahkan kembali ke halaman utama plesk panelnya, klik menu “Hosting Settings”

11. Setelah masuk ke halaman “Hosting Settings” silahkan ubah bagian “Certificates” dan ubah ke nama SSL yang sudah disetting sebelumnya dan simpan dengan klik tombol “OK”

Selamat proses instalasi SSL sudah selesai, tunggu beberapa saat dan coba akses ke domain menggunakan protokol HTTPS. Jika sukses tidak akan ada pesan error seperti “unknown sertificates” dan sebagainya, selanjutnya tinggal sesuaikan konfigurasi websitenya agar aksesnya otomatis menggunakan protokol HTTPS.

Selamat mencoba, dan semoga bisa membantu!

Tinggalkan Komentar

Afiandhi Risky

Blog Competition