Rumahweb Journal
Pengertian Google Search Console dan Troubleshooting

Google Search Console: Pengertian dan Troubleshooting

Ada banyak manfaat ketika Anda mendaftarkan domain ke Google search console, seperti dapat merequest ulang crawl pada halaman tertentu, memperbaiki file error hingga mendapatkan pelaporan harian hasil pencarian domain di search engine.

Pada artikel ini, kami akan membahas manfaat Google search console serta beberapa troubleshooting yang sering terjadi. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu Google Search Console?

Google Search Console adalah tools gratis dari Google yang dapat digunakan untuk memantau hasil pencarian, request indexing artikel hingga troubleshooting pada website di search engine.

Ada 4 menu utama yang ditawarkan oleh Google search console yaitu pelaporan, indeks, pengalaman halaman dan penyempurnaan. Menu report berisi informasi kinerja website Anda di Google. Menu Indeks berisi cakupan, peta situs dan penghapusan url website Anda di search engine. Untuk menu pengalaman berisi informasi data core web vitals serta laporan pengalaman website pada versi mobile dan desktop.

Sedangkan menu terakhir adalah penyempurnaan, yang berisi schema dan rich snippets pada website Anda. Panduan tentang schema dan rich snippets bisa Anda pelajari melalui artikel berikut: Apa itu Schema dan Rich Snippet.

Baca juga: Cara Verifikasi Domain ke Google Search Console Melalui DNS

Fungsi Google Search Console

Adapun fungsi Google Search Console, antara lain:

  • Memudahkan pemilik website melakukan observasi melalui statistik yang sudah disediakan. Informasi yang disajikan cukup lengkap seperti jumlah pengunjung website, lokasi akses pengunjung berdasar negara, kota bahkan lokasi yang lebih spesifik. Sehingga pemilik website dapat melakukan eksplorasi sesuai pasar dan minat pengunjung website.
  • Dapat melihat keyword pencarian yang sedang populer dan halaman yang sering dikunjungi oleh pengunjung. Pemilik website dapat memanfaatkan fungsi ini untuk mengetahui keyword yang populer dan mengimplementasikan ke konten website serta melakukan penambahan kategori konten sesuai minat pengunjung dari statistik halaman yang sering diakses serta dikunjungi.
  • Pengecekan masalah website, terkadang dalam penelusuran oleh Google Bot ditemukannya kendala-kendala yang berkaitan dengan permasalahan website. Oleh karena itu, perlu adanya evaluasi sesuai notifikasi yang diberikan.

Troubleshooting di Google Search Console

Berikut beberapa kendala yang sering ditemui pada pelaporan Google Search console.

Blocked by robot.txt

Kendala ini muncul, disebabkan karena robots.txt menghalangi Google dalam melakukan crawl pada website Anda. Sehingga proses indexing pada website terganggu dan akhirnya gagal. Solusinya, Anda dapat melakukan pengecekan kembali pada file robots.txt yang digunakan.

Ada beberapa penyebab hal tersebut bisa terjadi, seperti isi script robots.txt yang memang sengaja melakukan block atau juga permission pada folder yang tidak sesuai. Untuk pengguna WordPress, Anda bisa menggunakan script robots.txt berikut ini.

User-agent: *
Disallow: /wp-admin/
Allow: /wp-admin/admin-ajax.php

Sitemap: https://namadomain/sitemap.xml

Informasi selengkapnya tentang robots.txt bisa Anda pelajari melalui artikel ini.

Indexing error

Kendala ini biasanya disebabkan karena tidak ditemukannya index seperti meta tag atau http header pada website Anda. Error ini juga bisa disebabkan karena website Anda gagal akses atau error.

Untuk solusinya terkait meta tag, Anda bisa pelajari melalui artikel berikut:
Meta Tag: Pengertian dan Contohnya pada Website

Sedangkan untuk kemungkinan error lain seperti error 500 atau gagal akses pada website, Anda bisa coba melakukan pengecekan pada script websitenya. Pastikan bahwa website dan halaman bisa diakses dengan baik, agar tidak muncul kendala index seperti ini.

Submitted URL Seems to Be a Soft (404)

Kendala ini disebabkan karena URL pada website Anda tidak ditemukan oleh Google crawl. Hal ini sering terjadi apabila ada sebuah artikel atau gambar yang di hapus, namun data websitenya masih ditemukan pada query pencarian di Google.

Solusinya, silahkan Anda cek URL yang mendapatkan laporan 404 not found lalu pastikan artikel pada website masih bisa diakses. Jika ternyata artikel yang mendapatkan laporan 404 error masih bisa diakses dengan baik, maka Anda cukup merequest crawl ulang melalui Google Search console pada menu Inspeksi URL. Lalu lakukan ‘uji langsung’ dan ‘minta index’.

Namun jika memang URL tidak ditemukan atau sengaja dihapus, maka Anda dapat merequest untuk penghapusan URL melalui menu Indeks > Penghapusan.

Baca juga: Website Tidak Bisa Diakses : Kenapa dan Bagaimana Mengatasinya

Submitted URL Not Found (404)

Pada kendala ini, google memberitahukan bahwa halaman yang dicari sudah tidak tersedia. Berbeda dari kendala sebelumnya yang masih dapat terakses namun halaman atau konten tidak tersedia, kendala ini telah menginformasikan untuk halaman maupun URL sudah tidak tersedia sehingga pemilik website wajib melakukan pemeriksaan ulang melalui URL yang disampaikan.

Server Error (5xx)

Kendala ini disebabkan karena Google Bot tidak dapat menjangkau url website yang sudah direquestkan. Adapun issue yang dapat menyebabkan hal ini terjadi salah satunya dari sisi server tujuan yang mengalami down, sehingga saat proses crawling akan terhenti.

Solusinya, Anda bisa mengakses URL yang dianggap error 5xx tersebut. Setelah itu, pastikan bahwa url bisa diakses dari koneksi Anda dengan baik. Selanjutnya Anda dapat menggunakan fitur ‘Inspeksi URL’ untuk merequest crawl ulang ke Google.

Redirect Error

Redirect Error disebabkan karena halaman yang terindex berubah. Hal ini bisa disebabkan karena Anda sengaja mengubah URL halamannya, atau proses redirect ke halaman yang baru gagal. Kami sarankan jika Anda mengubah URL, gunakanlah 301 redirect yang berfungsi untuk mengubah url secara permanen.

Solusinya, silahkan Anda cek hasil indexing error yang dilaporkan oleh Google searh console. Cek bisa dilakukan dengan cara mengakses URL yang error tersebut. Jika redirect gagal, silahkan perbaiki URL redirectnya. Jika redirect berhasil, maka pastikan bahwa Anda menggunakan 301 Redirect yang fungsinya untuk mengubah URL secara permanen.

Setelah memastikan bahwa halaman dapat diakses dengan baik, silahkan request ke Google search console bahwa Anda telah melakukan validasi.

Demikian artikel kami tentang pengertian dan troubleshooting Google search console dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Chrisando Suryo Nugroho