Rumahweb Journal
banner - DuckDuckGo - Pengertian dan Cara Mendaftarkan Nama Domainnya

DuckDuckGo: Pengertian dan Cara Mendaftarkan Nama Domainnya

DuckDuckGo adalah salah satu mesin pencari yang menggunakan informasi dari berbagai sumber seperti Wikipedia, Yahoo, Bing, hingga Yandex. DuckDuckGo kian diminati, karena dianggap lebih melindungi privasi pengguna dengan tidak merekam informasi profil dan history pencarian pengguna. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu DuckDuckGo serta bagaimana cara menambahkan domain Anda di search engine ini.

Mesin pencari atau search engine adalah alat yang tidak mungkin bisa dipisahkan dari kehidupan modern di era teknologi saat ini. Penemuan mesin pencari telah membawa lompatan kemajuan yang signifikan bagi manusia untuk mendapatkan dan berbagi informasi.

Dengan mesin pencari, orang-orang bisa dengan mudah mencari dan menemukan informasi apapun, baik hiburan, hobi, maupun referensi ilmiah. Karena fungsinya yang sangat vital, manusia saat ini sangat tergantung pada mesin pencari untuk menemukan segala jenis informasi yang mereka butuhkan.

Apa itu DuckDuckGo?

Teknologi mesin pencari sudah hadir sejak lama, tapi popularitasnya baru benar-benar meledak ketika mesin pencari Google lahir. Sejak saat itu Google telah menjadi rujukan utama para pencari utama di seluruh dunia dan terus tumbuh hingga menjadi raksasa dengan market share di atas 90 %.

Kendati demikian, selain Google sebenarnya ada beberapa alternatif mesin pencari yang bisa Anda gunakan untuk mencari informasi di internet. Salah satu mesin pencari alternatif yang popularitasnya semakin meningkat adalah DuckDuckGo.

DuckDuckGo pertama kali dikembangkan pada tahun 2008 oleh Gabriel Weinberg dan menawarkan beberapa fitur menarik, sehingga bisa menjadi alternatif mesin pencari yang bermanfaat. Fitur utama yang ditawarkan oleh DuckDuckGo adalah privacy, dimana DuckDuckGo menjamin tidak merekam informasi pelanggan ketika mencari informasi. Bagi sebagian pengguna, privasi adalah isu sensitif yang sangat penting untuk mereka.

DuckDuckGo Bang

Selain privasi, DuckDuckGo juga menawarkan fitur yang sangat menarik, yang disebut bang. Dengan fitur bang, Anda bisa mencari informasi dengan jauh lebih cepat dan efisien. Bang adalah sejenis perintah pada mesin pencari DuckDuckGo, yang memungkinkan Anda mencari informasi dengan lebih cepat pada website yang sudah terdaftar di database Bang DuckDuckGo. Format perintah dari Bang adalah: !bang kata kunci.

Sebagai contoh: Anda ingin mencari artikel tentang Kucing di Wikipedia, maka Anda cukup mengetik !w cat dan secara langsung DuckDuckGo akan membawa Anda ke artikel Kucing di Wikipedia. Dengan demikian, proses pencarian artikel kucing jauh lebih cepat, ketimbang dengan cara konvensional di mesin pencari lain.

Mendaftarkan Domain Baru di DuckDuckGo

Setelah mengetahui keunggulan dan fitur yang ditawarkan oleh DuckDuckGo, sangat disarankan bagi Anda untuk mendaftarkan website yang Anda miliki ke database DuckDuckGo. Pada mesin pencari lain seperti Google atau Yandex, ada fitur Webmaster Tool yang bisa digunakan untuk memverifikasi domain supaya terindex di mesin pencari.

Pada mesin pencari DuckDuckGo, proses pendaftaran domain baru lebih sederhana karena tidak perlu melalui halaman Webmaster Tool. Berikut langkah-langkah untuk mendaftarkan domain Anda ke database DuckDuckGo:

  1. Masuk ke laman DuckDuckGo NewBang di alamat https://duckduckgo.com/newbang
  2. Pilih submit a new bang.
tampilan browser DuckDuckGo submit a new bang
  1. Pada halaman deskripsi new bang, masukkan parameter berikut:
  • Site Name: Isikan deskripsi website Anda. Contoh: Wisata Kuliner Maknyus
  • Bang command: Isikan command bang website Anda, formatnya adalah singkatan pendek nama domain. Contoh: wstmk
  • Bang URL: Isikan alamat domain milik Anda, dengan format https://namadomain.com/search/?term={{{s}}}. Contoh: https://beritamaknyus.com/search/?term={{{s}}}
  • Example search: Isikan contoh kata pencarian yang berhubungan dengan website Anda. Contoh: kuliner maknyus jogja.
  • Bang Category: Pilih kategori dan subkategori yang paling mendekati konten website Anda. Contoh: News / Specialty.
  • Comment: Isi deskripsi website Anda dalam bentuk kalimat bahasa Inggris, Anda bisa menggunakan Google Translate. Contoh: website ini berisi konten tentang kuliner enak di Jogjakarta.
  • Please confirm the following: centang semua opsi.
  • Your email (optional): masukkan alamat email milik Anda, supaya bisa mendapatkan informasi kalau pendaftaran domain sudah disetujui oleh DuckDuckGo.
  1. Langkah terakhir klik tombol Submit dan menunggu proses approval dari mesin pencari DuckDuckGo.
DuckDuckGo adalah salah satu browser newbang

Selain DuckDuckGo, kami sarankan Anda juga mendaftarkan domain ke Google Search Console yang panduannya bisa dibaca melalui artikel berikut: Verifikasi domain ke Google Search

Penutup

Untuk meningkatkan popularitas website yang Anda miliki, langkah yang paling utama adalah memastikan website Anda sudah terindeks dan dikenali oleh mesin pencari, dan DuckDuckGo adalah salah satu search engine yang perlu Anda manfaatkan.

Meskipun saat ini Google masih menjadi mesin pencari utama yang digunakan oleh seluruh orang di dunia, ketersediaan website Anda di mesin pencari alternatif seperti DuckDuckGo juga sangat penting untuk dipertimbangkan.

Dengan beberapa keunggulan dan fitur yang ditawarkan, basis pengguna DuckDuckGo saat ini tentu sudah semakin meningkat. Ketika website Anda sudah terindeks di beberapa mesin pencari yang ada, maka peluang website Anda untuk dikenali dan dikunjungi oleh pengguna akan semakin besar.

Demikian artikel Kami tentang apa itu DuckDuckGo serta cara mendaftarkan domainnya. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alwan Rosyidi