Rumahweb Journal
banner blog - Custom Domain ke WordPress

Custom Domain ke WordPress.com

Pada artikel sebelumnya, Rumahweb telah membahas mengenai bagaimana cara custom domain di Blogspot. Kali ini Rumahweb akan membahas mengenai cara melakukan custom domain ke WordPress.com.

Apa itu WordPress.com ?

WordPress.com adalah salah satu platform yang disediakan langsung oleh wordpress untuk membuat website dengan Mudah dan Gratis. Untuk menggunakan layanan ini Anda tidak perlu membeli hosting atau domain terlebih dahulu.

Namun, karena semua sudah disediakan oleh platform secara Free atau Gratis, URL Blog yang akan Anda buat memiliki akhiran wordpress.com, sebagai contoh wahidtampan.wordpress.com, dan juga fitur yang tersedia juga terbatas.

Lalu Bagaimana kalau ingin menghilangkan wordpress.com pada akhir domain, dan merubah menjadi nama domain sendiri? Nah, pada panduan Kali ini Rumahweb akan menjelaskan tahapan bagaimana cara melakukan Custom Domain Blog WordPress.com.

Syarat Bisa melakukan Custom Domain Blog WordPress.com

Adapun beberapa syarat yang diperlukan untuk melakukan Custom Domain Blog WordPress.com,

1. Memiliki Domain

Sebelum melakukan custom Domain, pastikan Anda sudah memiliki nama domain sendiri. Jika belum memiliki Nama Domain, Anda dapat membeli Nama Domain Murah melalui Rumahweb mulai dari Rp.15.000 an.

2. Upgrade Akun WordPress.com

Setelah memiliki Nama Domain, selanjutnya Anda perlu upgrade akun wordpress.com Anda Terlebih dahulu menjadi Premium. Karena pada Free Plan atau Versi Gratis dari wordpress.com tidak diperkenankan untuk mengganti sub domain yang sudah dibuat.

Terdapat beberapa paket upgrade yang ditawarkan dan dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan, mulai dari Personal sampai eCommerce.

plan price wordpress - Panduan Custom Domain wordpress.com rumahweb

Custom Domain dan Merubah Nameserver Domain

Setelah memiliki Nama Domain, Upgrade Paket WordPress.com ke Premium. Selanjutnya Anda dapat melakukan Custom Domain atau Melakukan Domain Mapping pada WordPress.com. Berikut Tahapannya,

  1. Masuk ke Domain Pages dengan memilih My Site > Upgrades > Domains

2. Pilih Add a Domain untuk menambahkan Domain seperti gambar berikut,

add domain - Panduan Custom Domain wordpress.com rumahweb

3. Setelah itu akan tampil pilihan beberapa nama domain. Karena Sebelumnya Anda sudah memiliki Nama domain. Silahkan Anda Scroll Kebawah, dan pilih Use a Domain I Own seperti gambar berikut.

Memilih custom domain wordpress.com - Panduan Custom Domain wordpress.com rumahweb

4. Selanjutnya akan tampil dua pilihan, Transfer to wordpress.com dan Map Your Domain. Silahkan Anda pilih Map Your Domain.

Map custom domain wordpress -Panduan Custom Domain wordpress.com rumahweb

5. Akan tampil Kolom nama Domain. Silahkan isi dengan Nama Domain yang Anda miliki, setelah itu pilih Add.

Map domain wordpress - Panduan Custom Domain wordpress.com rumahweb

6. Setelah itu akan tampil Instruksi untuk melakukan Setup Domain seperti gambar berikut,

Setup wordpress custom domain - Panduan Custom Domain wordpress.com rumahweb

Terdapat dua cara yang dapat Anda lakukan untuk menghubungkan domain yaitu dengan cara Merubah Nameserver atau Melakukan Pointing A Record.

Pada Panduan Kali ini Rumahweb menghubungkan Domain dengan cara Merubah Nameserver. Untuk Merubah Nameserver Domain, anda dapat melihat tahapan berikut,

  1. Silahkan Anda Login ke Clientzone Rumahweb terlebih dahulu.
  2. Pilih Menu Domains > My Domains seperti gambar berikut,
Merubah Nameserver domain - Panduan Custom Domain wordpress.com rumahweb

3. Silahkan Anda pilih Active pada Domainnya.

Memilih Nama Domain - Panduan Custom Domain wordpress.com rumahweb

4. Setelah itu, silahkan Anda Ubah Nameserver Domain menjadi,

ns1.wordpress.com
ns2.wordpress.com
ns3.wordpress.com

Merubah Nameserver domain - Panduan Custom Domain wordpress.com rumahweb

Perlu diketahui, setelah melakukan perubahan Nameserver. Akan membutuhkan waktu Propagasi DNS dengan estimasi 1-24 jam kedepan sampai Domain terhubung, dan dapat diakses.

Perbedaan WordPress.com Premium dan WordPress Self Host

Terdapat perbedaan antara WordPress Hosted dan WordPress Self Host. Adapun perbedaannya,

Space

Jika Anda menggunakan WordPress Hosted atau WordPress.com Space yang diberikan terbatas. Pada Free Plan atau Versi Gratis dari WordPress.com, anda hanya akan diberikan Space sebesar 3GB. Tentu Space tersebut cukup kecil, Terlebih jika website yang Anda buat akan upload konten setiap hari, pasti akan membutuhkan Space yang lebih besar.

Sedangkan untuk WordPress Self Host, Besaran Space menyesuaikan dengan Space Hosting yang Anda gunakan. Pada Layanan Hosting Dari Rumahweb, anda dapat memilih Besaran Space sesuai dengan Kebutuhan, Mulai dari 1GB sampai UNLIMITED.

Theme

Theme Merupakan Bagian yang penting pada Website, semakin baik tampilan website semakin nyaman juga pengunjung untuk berlama-lama pada Website.

Pada WordPress.com, pilihan Theme yang diberikan dapat dibilang sangat terbatas. Anda hanya dapat Install Theme yang sudah disediakan oleh WordPress. Sehingga Anda tidak dapat menggunakan Theme WordPress dari pihak lain seperti Divi, Theme Monster, dan lain-lain.

Berbeda dengan WordPress Self Host, Anda dapat melakukan Instalasi Theme secara Bebas, baik itu Tema Gratis maupun Berbayar. Dengan Begitu Anda dapat membuat website yang semenarik mungkin sesuai dengan selera Anda.

Tidak hanya itu, Jika Anda memiliki Layanan hosting dari rumahweb. Rumahweb Akan memberikan Theme Premium secara GRATIS!

Plugin

Selain Theme yang terbatas, pada wordpress.com Penggunaan Plugin juga dibatasi. Anda tidak dapat melakukan Instalasi Plugin Apapun pada wordpress.com walaupun sudah Upgrade ke Plan Premium.

Pada WordPress Self Host, Anda dapat melakukan Instalasi dan Upload Theme secara bebas tanpa dibatasi. Jadi Anda dapat melakukan Instalasi Plugin baik Free ataupun Berbayar. Sama seperti Theme, Jika Anda memiliki Hosting dari Rumahweb. Anda juga akan mendapatkan Plugin Premium Secara GRATIS!

Selain yang disebutkan diatas, masih ada beberapa fitur lagi yang tidak didapatkan pada wordpress.com seperti Menghapus Credit wordpress.com atau WordPress Branding, Backup, dan penggunaan website untuk eCommerce.

Demikian Panduan Custom Domain WordPress.com dari rumahweb. Semoga dapat bermanfaat. Apabila ada kendala atau kesulitan pada saat melakukan Custom domain. Anda dapat menghubungi kami melalui telefon, Livechat, ataupun Email.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.3 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Rumahweb