Cloning WordPress pada Layanan WordPress Hosting

WordPress Hosting memiliki fitur yang cukup seru untuk digunakan. Fitur yang dimaksud adalah fitur ‘Clone Instance’.

Dengan fitur cloning WordPress ini, Anda dapat ‘menggandakan’ instalasi WordPress Anda dari satu domain ke domain ataupun subdomain lain yang ada di akun hosting Anda. Kira-kira fitur ini bisa digunakan untuk kebutuhan apa saja sih? Misalkan begini :

Anda baru saja membuat, melakukan banyak pengubahan ataupun kostumisasi pada WordPress yang akan Anda gunakan pada website. Tapi, semuanya baru dilakukan pada localhost / komputer pribadi Anda saja. Anda tidak yakin apakah setelah diunggah ke layanan WordPress Hosting, website Anda dapat berjalan semestinya seperti yang ada di localhost. Apa yang kira-kira dapat dilakukan?

Masalah seperti ini cukup umum terjadi pada web development, di mana environment ketika development dilakukan berbeda dengan environment pada live website. Untuk itu, developer biasanya menggunakan istilah ‘staging’, yaitu semua hasil development akan diupload terlebih dahulu ke environment yang sama persis dengan live. Setelah itu, developer akan melakukan penyesuaian terhadap kode yang dibuat dan memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Nah, bagaimana dengan WordPress yang baru Anda upload tadi? Yuk kita simak cara yang bisa dilakukan untuk memastikan WordPress berjalan dengan baik.

1. Ketika Anda ingin melakukan percobaan terhadap WordPress, tentunya Anda tidak akan melakukan upload file langsung ke domain utama, bukan? Yang perlu Anda lakukan adalah :

Nah, setelah langkah 1 selesai, Anda dapat melakukan testing terhadap WordPress Anda dan memastikan apakah semua fitur dapat berjalan dengan baik atau tidak.

Setelah semuanya berjalan dengan baik. Anda dapat memindahkan instalasi WordPress yang ada pada subdomain tadi, ke domain utama. Caranya :
2. Masuk ke menu WordPress Toolkit, lalu pada subdomain yang ingin Anda clone, klik link ‘Clone’.

Cloning WordPress pada Layanan WordPress Hosting

3. Setelah itu, Anda akan menemukan tampilan seperti screenshot berikut :

Panduan cloning wordpress di plesk panel Rumahweb
Lakukan sesuai langkah pada screenshot :

  1. Pada tampilan awal, lokasi yang dituju adalah subdomain. Anda dapat meng-klik pada link ‘new subdomain’ untuk memunculkan window kecil baru
  2. Setelah window kecil keluar, silahkan pilih ‘Existing domain or subdomain’ lalu masukkan nama domain utama Anda pada kolom di bawahnya
  3. Klik tombol OK
  4. Klik tombol OK yang berada di bagian bawah

Cara cloning WordPress melalui plesk panel Rumahweb
Setelah itu, WordPress Toolkit akan melakukan cloning instalasi WordPress Anda ke domain utama. Silahkan ditunggu hingga selesai. 🙂

Be Sociable, Share!