Cara Riset Keyword Yang Tepat Untuk Website

Keyword atau kata kunci merupakan salah satu aspek penting apabila ada akan melakukan optimasi SEO di website. Pemilihan keyword untuk website juga harus tepat dan sesuai dengan website Anda. Berikut beberapa tips menentukan keyword yang tepat untuk website Anda.

Langkah  yang harus dilakukan adalah melakukan riset terhadap kata kunci yang akan digunakan. Pilihlah kata kunci dengan persaingan yang tidak tinggi, namun banyak dicari.  Berikut jenis keyword yang harus Anda ketahui :

  • Short tail keyword
    Short tail keyword adalah keyword yang hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Contohnya : wisata, wisata jogja.
  • Long tail keyword
    Long tail keyword merupakan perpanjangan dari Short tail keyword. Contohnya: tempat wisata pantai di jogja. Apabila website Anda masih baru, disarankan menggunakan long tail keyword, karena untuk short tail keyword biasanya sudah menjadi jatah dari blog yang sudah berumur lama atau reputasinya sudah baik.Untuk melakukan riset keyword Anda dapat menggunakan beberapa tools seperti Google Keyword Planner, Keywordtool.io. Berikut kegunaan tools-tools tersebutYang pertama adalah Google Keyword Planner. Untuk menggunakan tools ini, silahkan Anda login dahulu di halaman https://ads.google.com/home/tools/keyword-planner/ dengan menggunakan akun gmail, kemudian klik find new keyword
    Setelah itu inputkan keyword yang ingin digunakan, bisa diisikan dengan tema website Anda, kemudian klik get started untuk memulai pencarian keyword.Setelah itu akan tampil daftar keyword yang dapat digunakan berikut jumlah frekuensi pencarian dan persaingan.Dari hasil keyword yang didapatkan tersebut, silahkan Anda pilih keyword yang ingin digunakan untuk website Anda. Sampai disini pencarian keyword menggunakan Google Keyword Planner sudah selesai.

    Cara kedua bisa menggunakan tools dari keywordtool.io. Keywordtool.io lebih berfungsi untuk mencari long tail keyword dari keyword yang akan digunakan. Untuk menggunakan tools ini sangat mudah, silahkan Anda akses https://keywordtool.io/ kemudian masukkan keyword yang akan Anda gunakan.

    Setelah itu keywordtool.io akan menampilkan hasil pencarian long tail keyword dari keyword utama yang dimasukkan.

    Dari hasil pencarian keyword dari dua tools tersebut, dari rekomendasi keyword yang didapatkan, silahkan untuk memasukkan keyword yang sudah anda pilih ke 100 kata pertama pada materi di website Anda.

    Selain kedua tools diatas, tentunya masih banyak tools lain yang bisa digunakan untuk menentukan keyword website. Anda bisa menggunakan Tools berbayar seperti Ninja Keyword, Market Samurai, atau Ahref Keyword tools yang versi berbayar.

Itulah tips untuk menetukan keyword untuk website, semoga bermanfaat.

 

Be Sociable, Share!