Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development

Cara Praktis Clear Cache Laravel di cPanel

Laravel saat ini menjadi framework yang paling populer dan banyak dipergunakan oleh developer untuk membangun website. Security adalah salah satu kata kunci utama yang menjadi pertimbangan developer kenapa Laravel menjadi pilihan. Selain itu, masih banyak keunggulan lain yang membuat Laravel saat ini lebih banyak diminati daripada framework yang lain.

Apabila Anda sedang membangun website memakaia Laravel di localhost, kemudian mengunggahnya ke cPanel hosting Rumahweb, mungkin akan menjumpai beberapa pesan error. Padahal, Anda sudah mengikuti dengan runtut panduan Upload Laravel ke Hosting Rumahweb, semuanya sudah sesuai dan tidak ada yang terlewat.

Salah satu pesan error yang acapkali muncul antara lain, website masih menampilkan path ke XAMPP di localhost komputer Anda. Untuk solusi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan clear cache dengan memakai perintah php artisan.

Sementara itu, layanan shared hosting Rumahweb tidak menyediakan akses SSH. Lalu bagaimana untuk melakukan clear cache project Laravel yang sudah diunggah ke cPanel? Berikut langkah praktis untuk Clear cache Laravel di cPanel :

1. Login ke cPanel hosting.

2. Masuk ke menu File Manager.

3. Masuk ke direktori home -> masuk ke direktori laravel -> bootstrap -> cache, kemudian klik kanan pada file config.php dan pilih rename. Terakhir, rename file config.php menjadi nama yang lain (misal : config.pjp– ).

4. Refresh atau akses kembali domain milik Anda.

Demikian panduan cara praktis clear cache Laravel di cPanel. Apabila mengalami kendala silahkan menghubungi tim technical support untuk dilakukan analisa dan bantuan lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar

Alwan Rosyidi

Blog Competition