Cara Populerkan Website Anda

Apakah web anda sudah terdaftar di google atau search engine lainnya? Ada di posisi berapa atau di halaman berapa web anda ketika dicari dengan kata kunci yang anda bidik? atau pertanyaan lebih dalam lagi, “saya cari nama domain saya di google, tapi koq tidak muncul?” Ya, pertanyaan-pertanyaan sperti itu kerap sekali muncul di benak anda. Sesungguhnya pertanyaan diatas tidak bisa dijawab secara pasti, karena search engine memiliki algoritma tersembunyi dan tidak diketahui oleh siapapun. Namun ada beberapa langkah yang bisa kita gunakan supaya web kita bisa mudah dicari di search engine. Mari kita bahas bersama satu-persatu.

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menghindari duplicate content. Search engine sangat tidak menyukai artikel atau isi website kita yang memiliki sama dengan website lain. Jangan pernah mengcopy-paste artikel atau isi dari website lain, karena search engine akan mengetahuinya. Kemudian yang juga berhubungan dengan isi website kita adalah buatlah konten website kita semenarik mungkin dan mudah terbaca, khususnya di paragraf pertama. Variasikan tulisan di website kita dengan tulisan bold, miring, atau coret untuk menandakan bahwa kata tersebut adalah penting. Kemudian untuk judul atau subjudul gunakan heading html seperti h1, h2 dsb.

Submit website kita ke search engine. Memang langkah ini terbilang jadul, dan bahkan beberapa ahli mengatakan kalau cara ini tidak efektif. Tapi tentu apa salahnya kita coba, toh fasilitas tersebut juga disediakan oleh search engine. Untuk lebih memaksimalkan adalah buatlah sitemap di google, msn atau yahoo yang menerangkan secara singkat isi atau alur website kita. Cara membuat sitemap di google, bisa ikuti panduan berikut.

Langkah terakhir yang terbilang cukup penting adalah membangun link masuk ke website anda. Singkatnya adalah buatlah website anda menjadi referensi bagi website-website lainnya sehingga memberikan link atau chanel ke website anda. Semakin banyak link yang mengarah ke website anda, semakin bagus bagi website anda. So, semoga dengan artikel ini bisa memberikan pencerahan bagi para pemilik website yang belum terindex search engine.

Be Sociable, Share!