Cara Mereset Password WordPress

Ada banyak sekali pertanyaan yang masuk kepada kami, tentang bagaimana cara reset password WordPress. Pada dasarnya, ada 4 cara reset password admin WordPress. Pertama melalui wp-admin itu sendiri, melalui link reset password, melalui phpmyadmin atau melalui menu softaculous.

Cara pertama bisa dilakukan, jika Anda hanya ingin mengganti dan sudah berhasil login ke admin. Sedangkan cara kedua melalui link reset bisa dilakukan, jika Anda sudah melakukan setting plugin SMTP di WordPress. Sedangkan cara reset melalui cPanel merupakan hal yang paling mudah dan cepat.

Karena itu, berikut kami sampaikan panduan reset password WordPress melalui PHPMyAdmin.

  1. Silahkan login ke cPanel terlebih dahulu, melalui link http://namadomain/cpanel
  2. Kedua, Anda harus membaca terlebih dahulu nama database yang digunakan. Hal ini penting dilakukan, jika di hosting Anda digunakan untuk beberapa database sekaligus. Caranya, Klik menu File manager > public_html > wp-config.php. Lalu baca script line nama database
    Melihat nama database WordPress
  3. Setelah itu, Anda bisa klik menu PHPMyAdmin yang adadi cPanel, lalu klik  nama database WordPress Anda pada panel sebelah kiri dan klik tabel prefix_users seperti pada gambar berikut:
  4. Selanjutnya pada halaman baru, klik pada icon bergambar pensil pada username yang akan Anda ubah username atau password-nya.
  5. Setelah masuk halaman baru, Anda bisa mengubah username dan password sesuai dengan data yang Anda inginkan. Yang perlu diperhatikan adalah untuk kolom password, Anda harus memilih Function MD5 untuk field user_pass:
  6. Setelah itu klik tombol GO dan Anda bisa mencoba login ke halaman administrator WordPress menggunakan username dan password yang baru.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengikuti langkah-langkah di atas, silahkan menghubungi tim teknis kami via email teknis[at]rumahweb[dot]com dan kami akan membantu mengembalikan akses ke halaman wp-admin.

 

 

Be Sociable, Share!