Rumahweb Journal

Cara Mengatasi Your Connection is Not Private pada Windows

Security adalah komponen paling penting untuk website di zaman sekarang. Salah satu indikator kasat mata yang paling mudah dilihat mengenai security website adalah keterangan secure pada alamat domain ketika diakses melalui web browser. Apabila website tidak aman, biasanya akan muncul keterangan “Your connection is not private“, atau “Your connection is not secure“.

Ketika menjumpai pesan seperti itu, Anda tidak perlu merasa panik. Dalam artikel journal kali ini, kami ini mengulas topik tentang Cara Mengatasi Your Connection is Not Private.

Penyebab dan Cara Mengatasi Your Connection is Not Private

ilustrasi gambar - your connection is not private

Ada beberapa penyebab error tersebut terjadi. Berikut kami akan mengulas beberapa penyebab dan solusi mengatasi error keamanan pada browser Anda.

Masalah SSL Pada Website

Kemungkinan terbesar munculnya pesan your connection is not private ketika mengakses sebuah website adalah karena SSL pada website yang diakses bermasalah. Bisa jadi di website yang sedang kita tuju memang belum ada SSL yang aktif. Atau bisa jadi di website yang sedang kita tuju, SSL yang terinstal sudah kadaluarsa. Apabila website Anda mengalami hal tersebut, silahkan menghubungi provider hosting yang digunakan untuk membantu melakukan pengecekan SSL pada website Anda.

Baca juga artikel : Install SSL gratis di cPanel

Kendala Setting Tanggal dan Waktu di Komputer

Ketidaksesuaian tanggal dan waktu di komputer dengan tanggal dan waktu aktual bisa menjadi penyebab munculnya pesan your connection is not private. Sebagai contoh, ketika Anda mengakses website pada tanggal 27 April 2021, akan tetapi di komputer Anda tanggalnya 1 Januari 2007, maka hal tersebut akan menyebabkan munculnya pesan keamanan. Tanggal pada komputer yang tidak update biasanya terjadi karena baterai CMOS di komputer atau laptop Anda sudah mati, sehingga pengaturan tanggal sebelumnya tidak tersimpan.

Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan pengaturan tanggal dan waktu di sistem operasi yang digunakan. Di Windows, Anda bisa mengklik applet tanggal di sebalah bawah, klik kanan, kemudian pilih menu Adjust date/time. Apabila komputer atau laptop Anda usianya sudah lanjut, perlu juga untuk mengecek dan memastikan baterai CMOS di motherboard masih hidup.

Kendala Pada Antivirus

Aplikasi antivirus pada hakikatnya bertujuan untuk mengamankan komputer dari gangguan berbagai jenis malware yang berbahaya, termasuk yang berasal dari website atau email yang kita akses. Akan tetapi kadangkala aplikasi Antivirus yang kita gunakan memiliki sensitivitas yang terlalu tinggi, sehingga memblokir akses website secara agresif, padahal website-website tersebut sebetulnya aman. Akibatnya, Anda akan menemui pesan “your connection is not private”.

Apabila Anda memiliki aplikasi antivirus dan menjumpai pesan “your connection is not private”, Anda bisa mencoba mendisable terlebih dahulu aplikasi antivirus tersebut untuk sementara waktu.

Masalah Ekstensi Web Browser

Ekstensi yang Anda instal di web browser juga bisa menyebabkan kendala munculnya pesan “your connection is not private”. Apabila Anda menginstal banyak ekstensi di browser Google Chrome, silakan nonaktifkan ekstensi-ekstensi yang tidak benar-benar dibutuhkan.

Terlalu Banyak Data Cache

Aplikasi Web browser akan menyimpan data-data dari website yang Anda kunjungi dalam bentuk cache. Tujuannya supaya akses ke website-website yang sudah pernah dikunjungi menjadi lebih cepat, karena data-datanya (gambar, tulisan, credentials) sudah tersimpan di komputer Anda dalam bentuk cache. Akan tetapi, hal itu bisa juga menyebabkan kendala munculnya pesan “your connection is not private” ketika mengakses website ketika data cache browser sudah terlalu banyak. Untuk solusinya Anda bisa melakukan proses clear cache pada browser yang digunakan. Pada Google Chrome, Anda bisa menghapus cache melalui menu Settings di pojok kanan atas, kemudian pilih More Tools, kemudian pilih clear browsing data.

Sistem Operasi Usang

Selain hal-hal yang sudah kami sebutkan di atas, penggunaan sistem operasi yang sudah usang dan tidak lagi mendapatkan update juga menjadi penyebab munculnya pesan ‘your connection is not prive’. Hal tersebut disebabkan sistem operasi yang usang tidak lagi didukung oleh aplikasi web browser modern sehingga mengalami kendala ketika mengakses website terbaru karena faktor kompatibilitas SSL.

Apabila saat ini Anda masih memiliki komputer dengan sistem operasi yang usang (Windows 7 atau bahkan yang lebih lama), sangat disarankan untuk melakukan upgrade ke sistem operasi terbaru yang masih mendapatkan dukungan dari pengembangnya.

Penutup

Tingkat keamanan atau security dari sebuah website ditunjang oleh bermacam faktor. Keterangan secure pada web browser mendandakan protokol SSL sudah terinstal pada website tersebut, yang berarti transaksi data yang terjadi sudah terenkripsi secara aman. Akan tetapi, hal itu hanya satu indikator keamanan dari website. Selain kehadiran SSL, keamanan website juga harus ditunjang oleh skrip yang aman, legal, dan selalu up-to-date. Selalu berhati-hati dalam mengakses internet adalah langkah yang paling bijak, supaya Anda terhindar dari kemungkinan-kemungkinan buruk terkait keamanan.

Demikian artikel journal tentang cara mengatasi ‘Your Connection is Not Private’ pada Windows. Apabila masih ada pertanyaan lebih lanjut atau mengalami kendala terkait kendala tersebut, silahkan menghubungi tim Technical Support Rumahweb untuk mendapatkan panduan dan bantuan lebih lanjut.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alwan Rosyidi