Rumahweb Journal

Cara Mengaktifkan mod_userdir di WHM cPanel

Tahukah anda bahwa kita bisa menampilkan website menggunakan IP di cPanel? Ya, cPanel memiliki fitur mod_userdir yang bisa Anda manfaatkan untuk menampilkan website melalui IP VPS yang anda miliki.

Fitur cPanel ini hanya bisa dijalankan, bagi Anda yang menggunakan layanan VPS. Sedangkan pada layanan shared hosting, fitur ini tidak bisa dijalankan. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara mengaktifkan fitur mod_userdir di cPanel.

Apa itu mod_userdir ?

Apache modul user directory atau yang disingkat menjadi mod_userdir, adalah fitur di cPanel yang memungkinkan kita dapat menampilkan website melalui IP VPS disertai dengan username cPanel. Format dan contohnya sebagai berikut :

Format :

http://ip_vps_and/~usercpanel

Contohnya :

http://192.168.0.30/~user132

Secara default, modul ini di disable di VPS cPanel dengan alasan keamanan. Pada umumnya modul mod_userdir Apache digunakan sebagai sistem URL sementara yang memungkinkan pengguna untuk melihat situs web mereka misalnya ketika domain belum mengarah ke server.

Hal yang Perlu diperhatikan

Sebelum mengaktifkan mod_userdir, perlu diperhatikan beberapa hal berikut:

  • Java servlets tidak berfungsi dengan URL berbasis mod_userdir. Ini karena Tomcat mengharuskan untuk menambahkan additional directives ke virtual host.
  • Pada PHP Handers berikut ini tidak mengizinkan untuk menggunakan modul mod_userdir Apache : FastCGI, PHP-FPM, PHP melalui CGI.

Cara Mengaktifkan mod_userdir di cPanel

Berikut cara mengaktifkan mod_userdir di layanan VPS disertai lisensi cPanel.

  1. Login ke WHM VPS Anda.
  2. Klik menu Apache mod_userdir Tweak. Hilangkan tanda centang pada “Enable mod_userdir Protection”.
  3. Pastikan modul mod_suphp terinstall di Apache Modul. Jika belum terinstall, maka bisa diinstall dahulu. Apabila pada cPanel Anda menggunakan EasyApache4, maka bisa diinstall dari EasyApache4. Dari WHM masuk ke menu EasyApache4, kemudian klik Customize pada bagian “Currently Installed Packages”.
EasyApache4 cPanel
  1. Masuk pada bagian Apache Module, cari mod_suphp kemudian pilih install seperti gambar berikut:
mengaktifkan mod_userdir di cpanel
  1. Masuk ke menu Review lalu klik Provision. Tunggu sampai muncul pesan “The provision process is complete” kalau sudah klik “Done”.
  2. Dari WHM pilih menu MultiPHP Manager. Klik PHP Handler. Pada  PHP Handler di versi php yang digunakan, pilihlah suphp. Misalnya website menggunakan ea-php55 , maka PHP Handler ea-php55 dapat diubah dari cgi menjadi suphp.

Jika sudah selesai, Anda bisa melakukan test akses melalui url dengan format berikut:

http://ip_vps_anda/~usercpanel/namafile

Demikian cara mengaktifkan mod_userdir di cPanel WHM, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Gatot Antok Wibowo