Rumahweb Journal

Cara Membuat Daftar isi pada WordPress

Sebuah website yang menarik didukung oleh beberapa komponen. Artikel yang ditulis dan disusun dengan baik, sehingga mudah dibaca adalah komponen yang paling penting yang akan membuat website memiliki banyak pengunjung setia. Salah satu komponen tersebut adalah daftar ini. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara membuat daftar isi pada WordPress.

Fungsi daftar isi

Ada beberapa teknik untuk menulis artikel supaya mudah untuk dibaca, salah satunya adalah dengan menyusun dan menyajikan daftar isi.

Daftar isi berfungsi untuk menampilkan isi dari topik paragraf, subtopik dan poin-poin utama di dalam artikel yang dibaca. Dengan adanya daftar isi, akan memudahkan pembaca untuk memahami kerangka utama dari isi artikel.

Selain itu, daftar isi juga bisa memudahkan pembaca untuk bernavigasi ke dalam topik tiap paragraf, subtopik atau poin tertentu di dalam artikel. Pada artikel jurnal kali ini, kami ingin membahas cara membuat daftar isi di WordPress.

Cara membuat daftar isi di WordPress

Berikut langkah-langkah untuk membuat daftar isi di WordPress:

1. Susun artikel yang sudah Anda tulis menjadi beberapa topik dan subtopik melalui pengaturan Heading. Sebagai contoh: Judul dari paragraf pertama dijadikan heading 1, subjudul atau penjabarannya dijadikan heading 2, dan seterusnya dengan pola yang sama di paragraf berikutnya.

2. Masuk ke dashboard WordPress, masuk ke menu Plugins, klik menu Add New.

tahapan cara install plugin di wordpress

3. Di galeri plugins, pilih Table of Contents Plus lalu klik Install Now.

mencari plugin table of content

4. Setelah proses instalasi selesai, klik Activate.

install plugin table of content

5. Masuk ke menu Plugins, masuk ke Installed Plugins, kemudian klik Settings pada plugin Table of Contents Plus.

cara membuat daftar isi di wordpress dengan plugin table of contents plus

6. Pada menu pengaturan plugin Table of Contents Plus, lakukan penyesuaian sebagai berikut:

  • Position : Top
  • Auto insert for the following content types: centang pada post dan page (atau hanya salah satu, sesuai kebutuhan)
  • Heading text: Daftar isi (atau sesuai dengan keinginan Anda)
  • Klik tombol Update Options
setting plugin table of contents plus

7. Lihat hasilnya di salah satu post artikel yang sudah diterbitkan. Daftar isi sudah muncul secara otomatis di bagian paling atas.

contoh tampilan daftar isi yang telah dibuat

Catatan:

  1. Plugin Table of Contents Plus akan secara otomatis menyusun daftar isi di setiap post dan halaman.
  2. Plugin Table of Contents Plus hanya bekerja pada post yang sudah diatur menjadi beberapa Heading dan Subheading. Apabila post masih menjadi satu paragraf tunggal, maka plugin tersebut tidak akan menyusun dan menampilkan daftar isi.

Penutup

Keberadaan daftar isi sangat memudahkan pembaca untuk memahami poin poin atau kerangka utama artikel dalam waktu yang singkat. Selain itu, daftar Isi juga memudahkan pembaca untuk bernavigasi dari satu topik ke topik yang lain, sehingga tidak perlu bersusah payah membaca artikel secara keseluruhan hanya untuk mencari topik atau poin tertentu di dalam artikel.

Dengan kemudahan yang ditawarkan, keberadaan daftar isi akan mendongkrak readability dari artikel yang Anda tulis, yang pada akhirnya akan memberikan sumbangan untuk menaikkan potensi jumlah pengunjung website Anda.

Demikian artikel jurnal kami tentang cara membuat daftar isi pada WordPress. Apabila mengalami kesulitan, silahkan menghubungi tim Technical Support Rumahweb untuk mendapatkan panduan lebih lanjut.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 6

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alwan Rosyidi