Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
Cara Memasang Plugin P3 (Plugin Performance Profiler) WordPress

Melihat Penggunaan Resource WordPress Dengan P3 (Plugin Performance Profiler)

Ketika website Anda lambat yang mungkin disebabkan karena kebutuhan sumber daya yang berlebih, hal ini sungguh sangat meresahkan. Untuk melakukan analisa,  masih terasa sulit rasanya bagi Anda yang  sekalipun sudah lama menggunakan WordPress.

Saat ini ada P3 (Plugin Performance Profiler) gratis yang bisa Anda coba.P3 (Plugin Performance Profiler) adalah salah satu plugin dari WordPress yang berfungsi untuk melihat beban yang dipakai oleh plugin-plugin yang diinstall di website. Dengan plugin ini Anda bisa melihat plugin yang paling besar pemakaian, load di plugin, query mysql per kunjungan.

Bagaimana cara kerja P3 (Plugin Performance Profiler) ?

Setelah Anda melakukan installasi plugin tersebut, silakan ke halaman pengaturan dan mulai lakukan scan. Scan ini akan berlangsung beberapa menit, hingga semua halaman selesai discan. Selama proses scan, menghasilkan beberapa lalu lintas di website Anda, dan memantau kinerja website Anda di server. Setelah scan selesai, klik “Lihat Hasil” dan dari sana Anda dapat menentukan langkah selanjutnya, berdasarkan apa yang Anda temukan. Untuk lebih jelasnya, silakan mengikuti langkah-langkah install Plugin Performance Profiler di website WordPress berikut ini.

P3 (Plugin Performance Profiler)

1. Install Plugin P3 (Plugin Performance Profiler) . Instalasi bisa dari wp-admin atau dari cPanel
2. Masuk ke menu Tools > P3 Plugin Profiler > Start Scan > Auto Scan
3. Kemudian ini hasil Scan di situs http://panduan.denny.rumahweb.org/

Hasil Scan P3

Setelah plugin ini dijalankan, Anda akan melihat pemakaian setiap plugin di website. Berapa banyak beban yang dibutuhkan plugin, total plugin dan query mysql yang dibutuhkan perhalaman.

Detail Timeline - P3 WordPress

Rincian dalam bentuk Timeline akan memberikan informasi waktu yang dibutuhkan plugin dan tema untuk ke-load setiap halaman diakses. Dibagian ini akan tahu plugin/teme yang membutuhkan load lebih lama di website sekali diakses.

Demikian panduan cara install P3 (Plugin Performance Profiler). Dengan menggunakan plugin ini diharapkan, Anda mendapatkan solusi untuk mengatasi blog lambat, dan menemukan penyebabnya.

Tinggalkan Komentar

Rudiharto

Suka makan bubur tanpa diaduk.

Blog Competition