Cara melakukan ping dan tracert (traceroute) di Android

Ping (Packet Internet Gopher) adalah sebuah program yang digunakan untuk memeriksa induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan program ini, kita dapat menguji koneksi sebuah komputer dengan komputer lainya. wikipedia

Traceroute (tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. wikipedia

Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan”

Cara Melakukan ping dan tracert (traceroute) di Android

1. Anda dapat mendownload aplikasi ping dan traceroute di Google Play, entah itu PingTools Network Utilities, IP Tools: Network utilities, Ping, Simple Ping atau yang lainya. Dalam percobaan yang kami lakukan, memakai apps PingTools Network Utilities.

2. Setelah selesai install, buka aplikasinya.

cara ping dan tracert di android

3. Klik setting [disamping Info], lalu akan muncul pilihan seperti dibawah ini.

ping tracert di android

4. Setelah muncul halaman ping, isi kolom putih dengan nama domain yang akan dites ping. Lalu klik PING. Begitujuga dengan tool Traceroute (Tracert)

cara ping di android

cara tracert di android

5. Setelah itu hasil Ping atau Traceroute akan muncul. Selamat mencoba

Be Sociable, Share!