Rumahweb Journal
Banner - Cara Kill Process cPanel Menggunakan Cron Jobs

Cara Kill Process cPanel Melalui Cron Jobs

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara kill process di cPanel melalui cron jobs. Langkah ini bisa anda lakukan, jika terjadi kendala limit CPU atau memory, ketika proses dalam hosting anda sedang tinggi.

Cara Kill Process di cPanel - informasi resource hosting

Alasan dilakukan Kill Process

Anda mungkin sering mengalami, komputer atau laptop tiba-tiba membeku, tidak memberikan respon apapun, karena banyaknya aplikasi yang berjalan. Karena frustasi, barangkali Anda akan melakukan proses shutdown paksa dengan menekan dan menahan tombol power, kemudian menyalakannya kembali.

Banyaknya aplikasi yang berjalan memang bisa menyebabkan komputer atau laptop Anda kewalahan dan akhirnya membeku. Hal itu disebabkan karena sumber daya yang dimiliki perangkat Anda terbatas. Apabila belum sanggup melakukan upgrade sumber daya seperti RAM, storage, atau CPU, maka Anda harus bisa lebih bijak dalam menjalankan aplikasi-aplikasi yang terinstal, supaya perangkat komputer atau laptop tidak kembali membeku.

Seperti halnya komputer, laptop atau smartphone di rumah, layanan hosting juga bisa mengalami overload proses yang akan membuatnya menjadi sangat lambat atau bahkan membeku. Skrip website yang terlalu berat, banyaknya jumlah pengunjung, atau proses lain yang dijalankan di hosting, akan menyebabkan terjadinya akumulasi proses di dalam akun hosting Anda.

Jika tidak diatasi, maka penggunaan sumber daya seperti CPU, memory dan entry process akan penuh, sehingga kinerja website Anda akan melambat, bahkan bisa berhenti bekerja sama sekali apabila alokasi sumber daya benar-benar habis.

Baca juga artikel : Cara Melihat Resource Usage di cPanel

Untuk mengantisipasi dan mengatasi hal tersebut, Anda harus melakukan optimasi website supaya beban kerja akun hosting lebih ringan. Apabila Anda memakai CMS seperti WordPress, salah satu cara optimasi paling mudah adalah dengan mengurangi jumlah plugin terinstal, mencari theme yang ringan, memperkecil ukuran gambar, dan optimasi database.

Namun bagaimana kalau akun hosting Anda sudah terlanjur terjadi overload proses? CPU dan memory penuh, sehingga website melambat atau bahkan tidak bisa diakses. Apakah ada tombol Power seperti di laptop atau komputer Anda, sehingga aktivitas akun hosting bisa dihentikan secara paksa, kemudian dihidupkan ulang?

Cara Kill Process di cPanel

Apabila hal itu terjadi, Anda tidak perlu panik. Seperti halnya aplikasi komputer atau laptop, proses pada akun cPanel hosting juga bisa dimatikan secara paksa, untuk kemudian berjalan kembali dari awal. Untuk mematikan (kill) proses di akun cPanel hosting, Anda bisa menggunakan fitur cron job dari cPanel. Berikut langkah-langkah untuk kill process di akun cPanel menggunakan Cron Job:

  1. Masuk ke menu Cron Jobs
  2. Pilih Common Settings, kemudian pilih Once Per Minute
  3. Pada kolom Command, masukkan perintah berikut:
    pkill -9 -u akuncPanel (akuncPanel disesuaikan dengan akun cPanel hosting Anda)
  4. Tunggu sampai 1 menit, kemudian lihat di tampilan STATISTICS.
  5. Apabila statistik penggunaan sumberdaya (CPU, Memory, dll) sudah kembali normal, kembali ke menu Cron Jobs, kemudian hapus Cron Job yang sudah dibuat.

Penutup

Mematikan paksa sebuah proses, terkadang memang terpaksa harus dilakukan. Akan tetapi untuk solusi yang lebih permanen, Anda harus lebih teliti dan selektif dalam membangun sebuah website. Optimasi dan update berkala adalah perawatan yang sebaiknya selalu dilakukan, supaya performa website Anda tetap dalam kondisi optimal.

Apabila semua langkah optimasi sudah dilakukan, akan tetapi sumber daya akun hosting Anda masih sering penuh, barangkali sudah waktunya untuk melakukan upgrade ke paket hosting dengan sumber daya yang lebih tinggi.

Demikian artikel jurnal kami tentang cara kill process cPanel menggunakan Cron Jobs. Apabila ada kendala atau pertanyaan lebih lanjut, silahkan menghubungi tim Technical Support Rumahweb, untuk mendapatkan panduan dan bantuan lebih lanjut.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alwan Rosyidi