Rumahweb Journal
Cara Install CloudLinux

Cara Install CloudLinux di VPS cPanel dan CentOS

CloudLinux adalah salah satu operating system yang dapat diandalkan dari sisi performa hingga keamanan pada server. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara install CloudLinux di VPS KVM Rumahweb.

Sebelum masuk ke tahapan installasi CloudLinux, kami ingin mengenalkan lebih dahulu apa itu CloudLinux dan fiturnya. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu CloudLinux?

CloudLinux adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux (CentOS) yang dibuat khusus untuk kebutuhan server. Tujuannya, membuat kerja server lebih optimal dengan peningkatan performa dan keamanan.

Yang membedakan sistem operasi ini dari sistem operasi lainnya adalah  LVE (Lightweight Virtualization Environment). CloudLinux menciptakan ruang virtual untuk setiap akun atau user cPanel dan memungkinkan sistem administrator untuk membatasi jumlah sumber daya per user.

Alasan menggunakan CloudLinux

Dengan server tradisional atau konvensional, tidak ada batasan sumber daya (resource) per akun cPanel. Permasalahan sumber daya utama atau resources adalah dari penggunaan CPU, Physical Memory, IO/IOPS, Query MySQL, dan source script dari salah satu akun/pengguna yang  berjalan di sebuah webserver, yang menyebabkan tingginya load diserver sehingga saat mengakses domain menjadi berat dan lambat.

Sehingga dengan adanya teknologi yang bernama CloudLinux, kendala resouce ini tidak lagi terjadi dikarenakan adanya sistem untuk pengaturan limitasi resource server yang digunakan. Ketika akun/pengguna ada yang menyebabkan load di server, maka akun/pengguna secara otomatis dibatasi pada sumber dayanya sendiri dan tidak mempengaruhi seluruh sumber daya lainnya.

Secara garis besar, yang membuat CloudLinux diunggulkan adalah kemampuannya dalam mengelola resource server dengan baik. Masing-masing pengguna bisa diatur agar menggunakan resource sesuai ketentuan user/pengguna. Sehingga saat menggunakan CloudLinux server menjadi lebih stabil, server menjadi lebih aman dan server memiliki performa yang baik.

Fitur CloudLinux

Berikut adalah beberapa fitur andalan pada CloudLinux:

Lightweight Virtualized Environment (LVE)

LVE (Lightweight Virtual Environment), merupakan sebuah teknologi untuk mengelola resources yang dimiliki oleh masing-masing user/pengguna, seperti CPU, I/O, dan memory. Hal ini dilakukan untuk mencegah penggunaan resources secara berlebih oleh para pengguna.

Sehingga, apabila ada satu user yang menyebabkan load tinggi, sistem akan melakukan limitasi dan membatasi resources di server. Dengan adanya pengelolaan resources oleh LVE, maka dapat meminimalisir terjadinya downtime dan server tetap berjalan secara stabil.

PHP Selector

Setiap user/penggua dapat memilih versi PHP serta modul extention dan melindungi dan website dengan versi PHP yang sudah tidak support. Selain itu juga pada fitur ini akan memperbolehkan user untuk memilih banyak versi PHP sesuai kebutuhan website yang diupload pada webserver yang digunakan.

CageFS

CageFS pada CloudLinux akan mencegah serangan dalam jumlah yang besar termasuk pengambilan hak akses (privilage escalation) dan pengungkapan informasi seperti file atau password (information disclosure attacks. Setiap user/pengguna nantinya akan memiliki CageFS masing-masing yang berfungsi sepenuhnya, dengan semua file system, tools, dan lain sebagainya.

Secure Links

CloudLinux juga memiliki fitur Secure Links agar server lebih aman. Secure Links merupakan teknologi yang berjalan di kernel untuk mencegah serangan symlink (symbolic link). Secure Links akan mencegah hacker untuk membuat file symbolic link sebagai contoh misalnya mengeksekusi Apache Web Server untuk membaca file konfigurasi PHP user lain.

MySQL Governor

Aktivitas database MySQL juga berpengaruh terhadap kestabilan suatu server. Banyaknya query yang dihasilkan ribuan database, maka akan menyebabkan server diakses melambat bahkan menyebabkan server mudah down.

Untuk itu di CloudLinux OS terdapat fitur MySQL Governor yang akan memonitor penggunaan MySQL. MySQL Governor ini akan melakukan pengecekan CPU dan penggunaan disk IO untuk user/pengguna secara real time pada saat proses query MySQL. MySQL Governor akan secara otomatis menghentikan query yang berjalan sangat lama.

System Requirement CloudLinux

  • Minimum CentOS versi 5.x 64bit
  • VPS Server include akses WHM/cPanel
  • Minimum versi MariaDB 5.1
  • Akses root
  • License CloudLinux
  • Aplikasi PuTTY

Cara Install CloudLinux di cPanel

Pastikan Anda telah menginstall VPS CentOS dengan lisensi cPanel. Jika belum, anda bisa mempelajarinya pada artikel: Cara Install cPanel di VPS CentOS

Setelah VPS cPanel Anda siap, selanjutnya kita bisa melakukan instalasi CloudLinux di server. Berikut adalah cara install CloudLinux di WHM.

  1. Silahkan Anda login dulu ke account WHM melalui alamat https://ipvpsanda:2087 menggunakan username dan password VPS Anda. Untuk panduannya bisa klik disini.
Halaman Login WHM

2. Pada tahap ini, bisa diperhatikan yang kami tandai merupakan VPS Server dengan WHM/cPanel, namun masih menggunakan Operating System CentOS v7.9.2009.

Dashboard WHM CentOS

3. Selanjutnya, silahkan akses remote SSH melalui aplikasi PuTTY. Untuk panduan bisa klik disini.

Akses SSH

4. Silahkan download repository CloudLinux dengan menggunakan perintah command:

wget https://repo.cloudlinux.com/cloudlinux/sources/cln/cldeploy

5. Apabila lisensi CloudLinux menggunakan Aktivasi key, silahkan menggunakan perintah berikut:

Catatan:

Lisensi CloudLinux yang dikeluarkan oleh Rumahweb menggunakan opsi IP-Based.
sh cldeploy -k <activation_key>
Contoh : sh cldeploy -k CL-AxclpJLeeACUeSCkcbgtuQbk lalu tekan Enter

6. Namun, jika lisensi CloudLinux menggunakan IP Address, silahkan menggunakan perintah berikut:

sh cldeploy -i
Contoh : sh cldeploy -i lalu tekan Enter

7. Silahkan ditunggu sampai proses installasi CloudLinux selesai.

8. Kemudian, silahkan restart VPS server menggunakan perintah berikut:

reboot

9. Selanjutnya, silahkan akses dan login kembali WHM/cPanel melalui browser. Untuk panduannya bisa klik disini.

10. Terlihat pada tampilan Statistics dibagian Operating System berubah menjadi CloudLinux v7.9.0

Hasil install CloudLinux di WHM

11. Terakhir, silahkan bisa periksa melalui menu Server Configuration > CloudLinux Manager.

Menu CloudLinux Manager

12. Sampai disini, untuk installasi CloudLinux pada VPS Server dengan cPanel sudah selesai.

Cara Install CloudLinux di CentOS

Pastikan sebelum melakukan instalasi ini, Anda telah memiliki VPS dengan OS Centos 5, 6 atau 7. Pada tutorial ini, kami menggunakan contoh VPS CentOS 7 untuk proses instalasi CloudLinux. Selain itu, pastikan Anda telah memesan lisensi CloudLinux yang telah kami sediakan.

Berikut langkah-langkah install CloudLinux di CentOS 7.

  1. Silahkan akses ke SSH VPS Anda melalui aplikasi seperti Putty. Panduannya bisa dibaca disini.
  2. Sebelum melakukan instalasi, kami sarankan agar Anda melakukan update versi CentOS terlebih dahulu untuk mendapatkan pembaruan hingga update keamanan.
yum -y update && shutdown -r now
  1. Selanjutnya, kita dapat melakukan deploy CloudLinux melalui perintah berikut:
wget https://repo.cloudlinux.com/cloudlinux/sources/cln/cldeploy
  1. Selanjutnya, kita akan melakukan update lisensi CloudLinux.

Catatan:

Lisensi CloudLinux yang dikeluarkan oleh Rumahweb menggunakan opsi IP-Based.

Apabila lisensi CloudLinux menggunakan Aktivasi key, silahkan menggunakan perintah berikut:

sh cldeploy -k <activation_key>
Contoh : sh cldeploy -k CL-AxclpJLeeACUeSCkcbgtuQbk lalu tekan Enter

Namun, jika lisensi CloudLinux menggunakan IP Address based, silahkan menggunakan perintah berikut:

# sh cldeploy -i
Contoh : sh cldeploy -i lalu tekan Enter
  1. Silahkan ditunggu sampai proses installasi CloudLinux selesai.
  2. Setelah proses instalasi selesai, silahkan Anda reboot server yang digunakan dengan perintah.
# reboot
  1. Untuk memverifikasi bahwa konversi ke CloudLinux telah berhasil, anda bisa menggunakan perintah berikut :
# cat /etc/redhat-release

Dari perintah tersebut akan muncul hasil seperti “CloudLinux release 7.x”, atau Anda juga bisa menggunakan perintah berikut:

# uname -r

Sampai step ini, proses instalasi CloudLinux di Centos telah selesai. Semua modul kernel maupun modifikasinya akan aktif pada VPS anda.

Demikian cara install CloudLinux di VPS cPanel dan CentOS, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 6

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Jan Laen Player

Halo, saya Jan. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark rumahweb.com/journal agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.