Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
cara install aplikasi cbt

Cara Install Aplikasi Candy CBT Pada Hosting

Candy CBT merupakan aplikasi ujian berbasis komputer yang cukup terkenal dan banyak digunakan untuk keperluan seperti ujian sekolah jenjang SMP/SMA/SMK. Menariknya, aplikasi Candy CBT ini bersifat open source alias gratis.

Meng install aplikasi ujian online Candy CBT, bisa dilakukan di domain utama yang Anda beli, atau bisa juga diinstall di subdomain. Pada demo kali ini, kami akan mempraktikkan cara install nya di Subdomain.

Sebelum melakukan installasi pastikan Anda sudah membuat subdomain terlebih dahulu panduannya bisa dilihat di Cara Membuat Subdomain di cPanel . Selanjutnya Anda bisa upload Candy CBT di subdomain, dengan langkah-langkah berikut :

1.Login ke cPanel hosting Anda.

2. Masuk ke Menu “File Manager” dengan memilih icon file manager di cPanel.

3. Klik folder “public_html”.

4. Upload file Candy CBT di subdomain yang sudah dibuat sebelumnya dengan klik tombol “Upload”.

5. Kemudian klik “Select File” untuk browse file candycbt.zip yang akan diupload.

6. Tunggu sampai proses upload selesai, jika sudah berubah warna menjadi hijau upload file sudah selesai dan klik “go back to link” yang ada dibawahnya.

7. Kemudian extract file dengan klik kanan pada file candycbt-final.zip lalu “Extract”

8. Pastikan saat extract file di lokasi folder subdomain yang telah dibuat, sebagai contoh pada folder “public_html/ujian”, kemudian “Extract File”.

9. Setelah folder berhasil di extract, kemudian membuat nama database, username dan password melalui Menu “MySQL® Database Wizard” di cPanel,

  • Membuat database baru,
  • Membuat username dan password database,
  • Kemudian di All Privileged ceklist semua, dan klik “Next Step”.

10. Selanjutnya upload file database melalui Menu PhPMyAdmin di cPanel,

11. Klik nama database yang sudah dibuat sebelumnya, klik “Import”, lalu pilih file dengan klik “Choose File” kemudian klik “Go”.

12. Selanjutnya masuk ke konfigurasi database, masuk ke Menu File Manager > folder public_html > folder ujian > masuk ke folder config dan klik edit config.database.php .

13. Silahkan diisikan dengan username, password dan database yang sebelumnya sudah dibuat kemudian klik “Save Changes”

14. Selanjutnya, silahkan Anda mengakses url subdomain yang sudah dibuat untuk install aplikasi Candy CBT

15. Untuk login ke halaman Administrator melalui url : subdomain.namadomain.com/admin , lalu diisikan dengan :

Username : admin Password : admin

16. Setelah klik “Login Masuk” berhasil akan muncul tampilan Halaman Administrator Candy CBT.

Note :

1. Setelah membuat subdomain baru, pastikan mengaktifkan PHP Version PHP 7.2 (ea-php72) melalui MultiPHP atau PHP Selector di cPanel .

2. Apabila tidak bisa login ke halaman administrator setelah klik “Login Admin” hanya refresh halaman disebabkan session login gagal, Anda bisa menambahkan script di folder subdomain > folder admin > cari file login.php klik kanan kemudian edit dan tambahkan script berikut dipaling atas :

Demikian panduan Rumahweb tentang  cara menginstall aplikasi ujian online cbt di hosting Rumahweb. Jika Anda mengalami kendala atau kesulitan, silahkan hubungi bagian teknis kami melalui livechat, telepon, ataupun email ke teknis[at]rumahweb.com.

Tinggalkan Komentar

Jan Laen Player

Blog Competition