Gangguan Akses dari Network Telkom - Rumahweb Indonesia - Painless Hosting Solution

Gangguan Akses dari Network Telkom

June 9, 2021 | News | , , ,

Pelanggan yang Terhormat,

Beberapa hari terakhir ini banyak pelanggan Rumahweb yang mengeluhkan websitenya lambat ketika diakses dari jaringan Telkom termasuk Indihome dan Astinet. Berdasarkan informasi yang kami terima, kejadian ini disebabkan oleh penuhnya kapasitas jaringan Telkom yang mengarah ke internet exchange lokal yaitu OpenIXP dan IIX APJII.

Sebenarnya masalah ini sudah cukup sering terjadi namun kami melihat tidak ada upaya yang berarti dari Telkom untuk meningkatkan kapasitas jaringan ke arah OpenIXP dan IIX APJII meskipun keduanya berbasis komunitas (gratis), bukan komersial.

Rumahweb sendiri memiliki 3 konektivitas ke exchange lokal yang mengarah ke jaringan Telkom yaitu via IIX, OpenIXP, CDIX, dan INIX Indosat. Solusi saat ini yang kami lakukan adalah melakukan re-route melalui jaringan yang lebih longgar seperti CDIX dan INIX namun nampaknya imbasnya masih cukup terasa karena kami melihat masih banyak traffic yang masuk melalui jaringan yang penuh.

Kami bersama-sama dengan penyedia layanan cloud, hosting, dan content provider saat ini sedang bersama-sama mengangkat masalah ini ke pihak-pihak terkait agar dapat segera diselesaikan dengan baik oleh Telkom mengingat Telkom memiliki market share terbesar untuk pelanggan akses. Karena gangguan ini terjadi di luar kuasa kami untuk menyelesaikan meskipun beberapa upaya telah kami lakukan, maka kami berharap para pelanggan dapat memaklumi situasi tersebut.

FAQ

1. Apa itu OpenIXP dan IIX APJII?
Keduanya adalah network exchange lokal dimana koneksi para ISP, hosting provider, dan cloud provider bertemu dan dapat saling berkomunikasi tanpa harus melalui internet global sehingga lebih efisien biaya dan juga lebih cepat karena berada dalam lokasi yang berdekatan.

2. Apakah OpenIXP dan IIX APJII gratis?
Ya. Pada dasarnya tidak ada biaya untuk dapat terkoneksi ke OpenIXP dan IIX APJII selain biaya link atau colocation perangkat network yang terbilang sangat murah.

3. Jika memang gratis, mengapa Telkom tidak upgrade?
Ini adalah kebijakan perusahaan (Telkom) yang di luar pengetahuan kami untuk menjawab.

4. Mengapa jika mengeluhkan masalah lambatnya akses konten lokal ke 147 dijawab tidak ada masalah karena bisa mengakses Youtube dan Google dengan baik?
Youtube, Google, dan provider konten besar lainnya memiliki jaringan CDN yang sangat luas yang diletakkan di ISP-ISP besar salah satunya Telkom.

Jadi jawaban tersebut kurang tepat karena akses ke konten-konten tersebut secara tidak langsung tidak memerlukan interkoneksi ke internet global dan local exchange.

Buktinya, akses ke portal berita nasional juga banyak dikeluhkan.

5. Ah ini mengada-ada saja kan?
Berikut adalah referensinya: