Tutorial Web Hosting

Tutorial dan userguide layanan web hosting Rumahweb

Website bisa Tampil tapi Gambar tidak Tampil

Setelah Anda mengupload file-file website Anda ke server, kemudian Anda mencoba membukanya di web browser. Semuanya tampil dengan baik kecuali gambar, hanya muncul kotak kosong tempat di mana seharusnya gambar tersebut berada.

Mari kita analisa apa penyebab tidak munculnya gambar tersebut padahal Anda yakin sudah menguploadnya ke server website Anda.

  • Cek Nama File
    Server Rumahweb menggunakan sistem operasi Linux yang membedakan penulisan huruf besar dan huruf kecil pada nama file. Jadi jika di script website Anda  gambar tersebut dipanggil dengan nama foto.jpg, pastikan file yang Anda upload bernama foto.jpg, bukan Foto.jpg, foto.JPG atau yang lain.
  • Cek Direktori Gambar
    Periksa kembali lokasi penyimpanan gambar. Pastikan file gambar tersimpan di folder/direktori yang sama dengan yang tercantum di script HTML/PHP.

  • Permission File
    Pastikan file gambar tersebut permissionnya 644 dan folder tempat gambar tersebut berada mempunyai permission 755. Juga coba buka gambar tersebut langsung di browser dan pastikan gambar terbuka dengan baik.
  • Gambar Menggunakan Script PHP
    Jika file gambar yang Anda gunakan menggunakan script PHP untuk menampilkannya, silahkan Anda periksa kembali script PHP tersebut. Umumnya script PHP untuk menampilkan gambar menggunakan fungsi readfile() yang memang diblokir di server kami demi alasan keamanan. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan echo file_get_contents() yang relatif lebih aman.

Demikian beberapa cara menganalisa kenapa gambar di website Anda tidak bisa muncul. Dengan sedikit pengetahuan teknis, beberapa masalah di atas bisa diselesaikan.

Namun jika Anda kurang mengerti hal-hal teknis, silahkan hubungi Staff Teknis Rumahweb agar dibantu untuk menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Artikel Terkait:

  1. Sudah Upload tapi Website tidak Tampil
  2. Tidak Bisa Login ke cPanel
  3. Cara Upload File Website dengan File Manager
  4. Outlook: Tidak Bisa menerima e-mail
  5. Outlook: Tidak Bisa mengirimkan e-mail
  6. Beberapa Cara Upload Website ke Hosting Server
  7. WebMail: Tidak Bisa login WebMail
  8. Mengapa Ada Pesan Internal Server Error
  9. Cara Upload Web dengan FTP
  10. Mendapatkan Dukungan Teknis Rumahweb

Leave a Reply

Security Code: