Membuat Sitemap Otomatis di Blog

Seperti kita tahu, sitemap akan memudahkan crawl search engine dalam menelusuri halaman web kita. Jika anda menggunakan wordpress, ada plugin yang sangat menarik untuk membuat file sitemap secara otomatis, nama plugin tersebut adalah google-xml-sitemap. Walaupun namanya google, tapi plugin tersebut bisa juga digunakan untuk menarik atau memancing craw dari search engine lainnya. Selain itu juga plugin ini bisa membuat file robots.txt secara otomatis. File robots adalah untuk memberikan akses atau jalan, file mana saja yang boleh dikunjungi dan tidak boleh dikunjungi oleh search engine. Harapannya adalah dengan menunjukan jalan mana saja yang harus dilewati bot, pencarian atau proses crawler search engine bisa lebih efektif.

Mari kita bahas mengenai plugin hebat tersebut. Langkah pertama adalah anda menginstall dan mengaktifkan terlebih dahulu plugin tersebut. Cara menginstall plugin telah kami bahas di episode sebelumnya yaitu cara menginstall plugin wordpress. Setelah anda mengupload plugin dan mengaktifkannya, langkah selanjutnya adalah mensetting plugin tersebut. Silahkan masuk ke wp-admin dan pilih Setting >> XML-Sitemap. Tampilannya adalah sebagai berikut:

Jika server anda mendukung suPHP, anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi, tinggal klik link “Click here” untuk membuat sitemap. Secara otomatis file sitemap.xml, sitemap.xml.gz dan robots.txt akan tercreate. Jika server yang digunakan tidak mendukung suPHP, anda bisa create sendiri file-file tersebut dan berikan permission writeable, lalu mulai create sitemap. Anda bisa menanyakan ke support hosting apakah account anda mendukung suPHP atau tidak?

Setelah sitemap di blog anda dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat sitemap di google. Anda bisa ikuti panduan atau artikel cara membuat sitemap di google.

Be Sociable, Share!

One Reply to “Membuat Sitemap Otomatis di Blog”

Comments are closed.